Mengenal William Perkasa, si YouTuber Lele Nyentrik


Pertanianku — Beternak lele kini menjadi tren usaha yang cukup diminati. Pasalnya, untuk menjalankan usaha ini Anda tidak perlu babak belur supaya menjadi sukses. Bahkan, beternak lele bisa menjadikan Anda seorang pengusaha yang sukses tanpa ribet seperti yang dialami William Perkasa.

William Perkasa
Foto: Dok. Pertanianku

Pria asal Sumatera Utara ini memulai usahanya sebagai peternak lele sekitar 4 tahun yang lalu. Tepatnya pada 2014, ia memberanikan diri untuk merintis usaha beternak lele dengan modal keberanian. Ia mengaku, tak ada keahlian khusus, hanya secara otodidak. Bahkan, ilmunya hanya ia dapatkan dari berbagai sumber dan riset langsung terhadap perilaku serta teknik budidayanya.

Karena tekadnya yang kuat, saat ini William memiliki 24 unit kolam beton di Wonosobo, Jawa Tengah. Di mana masing-masing kolam tersebut berukuran 3 m × 3 m × 1,2 m. Selain itu, ia juga mengelola usaha pembesaran lele sebanyak 64 unit kolam di Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan.

Menurut William, beternak lele itu mudah, kitanya saja yang bikin ribet. Untuk memulainya, ia menyarankan untuk membulatkan tekad terlebih dahulu kemudian berusaha memahami teknik-teknik dasar beternak lele.

Supaya pengalamannya dapat dirasakan banyak orang, William membentuk Perkumpulan Petani Lele Nusantara yang saat ini sudah beranggotakan sekitar 5.000 orang. Walaupun, perkumpulan tersebut dijalankan hanya melalui media sosial WhatsApp. Di samping itu, pria nyentrik ini juga membuka pelatihan budidaya lele secara rutin setiap Sabtu–Minggu.

Melalui channel YouTube-nya, yaitu William Perkasa, ia rutin meng-upload video panduan budidaya lele sejak persiapan kolam hingga proses panen. Channel YouTube-nya itu sudah cukup populer, terutama di kalangan pembudidaya lele seluruh Indonesia. Bahkan, sudah memiliki lebih dari 30.000 subscribers per 23 Januari 2019. Menarik bukan?!

Baca Juga:  Ini Dia Pasar Utama Jagung Manis Supaya Petani Untung Berlipat