Mengenal Wortel New Kuroda

0

Pertanianku – Wortel merupakan tumbuhan sayuran umbi yang  memiliki warna oranye dengan tekstur seperti kayu. Wortel bukanlah tanaman asli Indonesia, tetapi berasal dari negeri yang beriklim sub-tropis seperti Asia Timur dan Asia Tengah.

Mengenal Wortel New Kuroda

wortel diketahui banyak mempunyai kandungan protein, karbohidat, lemak, serat, beta-karoten (provitamin A), vitamin. B, vitamin. C,  glutation, mengandung Ca, Mg, Fe, P, S dan Cl. Dengan berbagai kandungannya tersebut, wortel dipercaya berkhasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengencangkan kulit muka, kolesterol tinggi, kanker  pankreas, kanker paru-paru, hepatitis, dan mencegah stroke.

Berdasarkan dari bentuknya, wortel dibedakan menjadi tiga tipe yaitu imperator (umbinya berbentuk bulat panjang dengan ujung runcing), chantenay (umbinya berbentuk bulat panjang dengan ujungnya tumpul), dan nantes (tipe peralihan antara tipe imperator dengan tipe chantenay).

Salah satu varian wortel yang banyak dicari oleh para petani di Indonesia adalah new kuroda. Benih wortel new kuroda yang diproduksi oleh perusahaan benih Jepang, Takii Seed, ini tergolong unggul dan cukup melegenda dikalangan petani. Benih wortel new kuroda ini sering membuat para petani kebingungan akibat stok yang menipis. Hal ini dikarenakan benih wortel unggul ini masih diproduksi dan diimpor dari Jepang.

Berikut beberapa alasan yang menjadikan wortel new kuroda menjadi tanaman unggulan.

  • Benih Wortel New Kuroda sangat mudah perawatannya karena ketahanan hama dan penyakit yang relatif lebih baik dibanding varietas lainnya.
  • Wortel new kuroda bisa beradaptasi dengan hasil yang baik pada dataran dengan ketinggian 700–1.500 Mdpl.
  • Warna umbi dari wortel ini berwarna merah dan mengkilat, selain itu ukuran dan panjang wortel ini terbilang besar dengan rata-rata beratnya mencapai 300 gram/umbi sehingga tidak heran jika wortel ini cukup digemari di pasaran.
  • Umbi wortel new kuroda sangat tahan untuk disimpan dalam ruangan dan bisa tahan sampai satu minggu.
loading...
loading...