Mengenal Zat Pengatur Tumbuh Gaharu


Pertanianku – Zat pengatur tumbuh dibutuhkan saat pembibitan tanaman dalam budi daya gaharu. Pemberian homon yang ditujukkan untuk pembentukan akar dan tunas tanaman. Awal pembibitan dibutuhkan zat yang dapat merangsang pertumbuhan akar dan tunas. Semakin cepat akar terbentuk, bibit tanaman semakin kuat. Adapun bibit yang pertumbuhan tunasnya cepat, akan mempercepat pembentukan daun sehingga proses fotosintesis tanaman akan berjalan dengan baik.

lahan gaharu

Kata hormon berasal dari bahasa Yunani, yaitu hormaein yang artinya menggiatkan. Adapun fitohormon merupakan sekumpulan zat-zat yang membantu pertumbuhan. Fitohormon sering juga disebut dengan zat penumbuh atau hormon pertumbuhan.

Vitamin merupakan salah satu jenis fitohormon jika ditinjau dari fungsi tersebut. Berbeda dengan hewan dan manusia yang diketahui terdapat kelenjar hormon dan kelenjar penghasil enzim, tumbuhan belum  diketahui adanya kelenjar-kelenjar hormon tersebut. Namun, ada beberapa hormon pertumbuhan yang sudah banyak diketahui dalam tumbuhan, yaitu auksin, hetero-auksin, asam indol asetat (AIA), asam traumalat, kinin, giberelin, hidrazida malat, dan vitamin.

Auksin merupakan zat yang yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan. Auksin banyak disusun di jaringan meristem di dalam ujung-ujung tanaman, seperti tunas, kuncup bunga, dan pucuk daun. Adapun pusat pembentukan auksin adalah ujung koleoptil. Auksin pada tanaman berfungsi mengembangkan sel-sel yang ada di daerah belakang meristem. Sel-sel tersebut menjadi panjang. Dengan kata lain, auksin berperan dalam perkembangan sel-sel meristem, perkembangan akar, perkembangan tunas, pembentukan buah, dan mencegah gugurnya daun serta buah.

AIA merupakan auksin yang dapat dibuat dari jaringan-jaringan yang sedang tumbuh pada tanaman. Hormon lain yang mempunyai fungsi seperti auksin adalah giberelin, asam traumatat, kinin, sitokinin, koumarin, asam suksinat-2, serta 2-dimetil hidrazida.

 

Baca Juga:  Cara Berkebun Jati yang Menguntungkan

Sumber: Buku Panduan Lengkap Gaharu