Mengenali Ciri-ciri Belut Betina

Pertanianku— Mengenali ciri-ciri belut betina dan belut jantan harus dilakukan untuk melakukan pembibitan belut. Induk belut yang dipilih sebaiknya adalah belut unggulan agar mampu menghasilkan benih yang bagus. Belut merupakan hewan hermaprodit protogini, yaitu hewan yang bisa berganti kelamin dari betina saat muda dan berubah menjadi jantan ketika sudah dewasa.

belut betina
foto: pertanianku

Belut rawa dan belut sawah memiliki perbedaan umur untuk mencapai kematangan kelamin. Oleh karena itu, langkah pertama untuk mengetahui kelamin belut adalah dengan mengidentifikasi terlebih dahulu jenis belut yang dibudidayakan. Belut sawah memiliki kematangan kelamin yang lebih cepat, yakni 2,5—3 bulan. Sementara itu, belut rawa baru memasuki masa kematangan setelah berumur 3—4 bulan.

Sebenarnya, tidak begitu sulit untuk mencari belut yang masih berkelamin betina. Hal ini karena dari sosok penampilannya sudah cukup terlihat berbeda antara jantan dan betina.

Loading...

Berikut ini cara mengenali ciri-ciri belut betina.

Berwarna lebih cerah

Belut yang masih berkelamin betina memiliki kulit berwarna lebih cerah, benih, dan mulus. Biasanya, warna pada kulit tubuhnya bervariasi antara putih, kuning, kemerah-merahan, atau kehijau-hijauan. Sementara itu, belut jantan berwarna lebih gelap, tetapi tidak selalu berwarna hitam.

Bagian kepala

Belut betina biasanya memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dan berbentuk runcing. Jika dilihat dari atas, kepala belut akan terlihat sejajar dengan garis badan dan diakhiri dengan bentuk mulut yang agak sedikit meruncing. Jika dilihat dari samping, garis kepala terlihat lurus dengan garis perut dan diakhiri dengan bagian mulut yang berbentuk runcing juga. Di bagian kepala betina tidak banyak memiliki penonjolan.

Panjangnya sekitar 30—40 cm

Selain warna dan bentuk kepala, ciri-ciri betina juga bisa dilihat dari ukuran panjang badannya. Belut baru akan berganti kelamin dari betina ke jantan setelah berumur 4—6 bulan. Dengan demikian, ukuran betina juga lebih kecil dibandingkan jantan yang sudah lebih dewasa. Biasanya, belut yang sudah dewasa memiliki panjang lebih dari 40 cm. Oleh karena itu, untuk mengetahui betina atau jantan, Anda bisa melihat dari panjangnya yang kurang dari 40 cm.

Baca Juga:  Olahan Daging Ikan Lele yang Berpotensi Menghasilkan Cuan

 

 

Loading...
Loading...