Mengenali Khasiat Buah dari Warna

Pertanianku — Buah merupakan pangan yang memiliki sejuta manfaat dan khasiat. Selain itu, buah memiliki banyak spesies dan beragam warna. Tidak jarang, warna yang dimiliki buah menjadi daya tarik. Namun, belum banyak orang yang tahu bahwa buah dapat diketahui khasiat buah dari warna yang dimiliki. Berikut ulasan kasiat buah berdasarkan warnanya.

khasiat buah dari warnanya
foto: pixabay

Warna merah

Khasiat buah dari warna merah pada umumnya memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Buah yang berwarna umumnya diidentikkan dengan buah stroberi, delima, dan jambu biji. Buah yang berwarna merah dan memiliki kandungan anti-oksidan yang baik.

Loading...

Kandungan anti-oksidan dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia sehingga anti-oksidan dapat mengurangi risiko kanker. Buah yang berwarna merah ini mampu mengontrol kadar gula darah, memicu peremajaan sel-sel untuk tumbuh lebih cepat sehingga proses penyembuhan lebih cepat. Selain itu, berkhasiat untuk menguatkan organ-organ vital di dalam tubuh seperti hati, ginjal, dan jantung.

Jingga atau kuning

Buah berwarna jingga menandakan kaya kandungan betakaroten, lutein, likopen, dan vitamin C. Buah yang umumnya berwarna kuning adalah belimbing, durian, nangka, jeruk, mangga, nanas, dan pepaya.

Khasiat buah yang berwarna jingga adalah mampu menjadi pereda serangan virus dan bakteri, mengurangi risiko kanker, meredam produksi kolesterol jahat, dan menggiatkan kerja peremajaan sel.

Hijau

Buah berwarna hijau biasanya mengandung klorofil, karotenoid, kalsium, zat besi, dan belerang. Buah yang berwarna hijau antara lain melon, apel, avokad, apel, sirsak, anggur hijau, dan lainnya.

Buah berwarna hijau biasanya mampu menetralkan racun-racun di dalam tubuh, menekan angka pertumbuhan sel yang abnormal dan berpotensi menjadi sel kanker, serta mampu meningkatkan kinerja aktivitas organ pencernaan seperti pankreas, ginjal, hati, usus halus, dan lambung.

Baca Juga:  Khasiat Biji Labu Merah untuk Mengusir Cacing Pita

Ungu

Buah berwarna ungu biasanya memiliki senyawa antosianin seperti anggur dan manggis. Khasiat buah berwarna ungu adalah dapat mengurangi risiko kanker, mampu merangsang pertumbuhan sel lebih cepat, baik untuk terapi pemulihan pascasakit, dan baik untuk peremajaan kulit.

Putih

Buah berwarna putih mengandung mineral seperti yang terkandung di dalam pisang. Buah ini memiliki khasiat untuk mengontrol kesehatan saraf seperti pereda stres, menekan risiko kanker dan pertumbuhan sel kanker, dan melemahkan virus dan bakteri yang menyerang tubuh manusia.

 

Loading...
Loading...