Mengenali Khasiat Sayur dan Buah dari Warnanya

Pertanianku — Buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi memiliki variasi warna yang berbeda-beda, ada yang berwarna hijau, merah, ungu, putih, dan lain-lain. Ternyata, warna sayur dan buah tersebut dapat memengaruhi khasiat sayur dan buah. Misalnya, bayam hijau dan bayam merah, meski sama-sama bayam, kedua jenis sayur tersebut memiliki kandungan dan khasiat yang berbeda.

warna sayur dan buah
foto : pixabay

Warna pada buah dan sayur bukan sekadar pemanis. Simak ulasan lebih lanjut mengenai khasiat sayur dan buah dari warnanya.

Warna hijau

Warna hijau sudah menjadi identitas sayuran karena banyak sayuran berwarna hijau. Ternyata, sayuran berwarna hijau berkhasiat untuk meningkatkan sistem peredaran darah karena kandungan mineral dan vitamin B kompleks. Di dalam sayuran hijau terkandung fitokimia seperti sulforaphane dan indoles yang merupakan senyawa antikanker. Selain itu, di dalam sayuran tersebut mengandung klorofil yang berfungsi sebagai perlindungan antioksidan.

Warna hijau dan kuning

Anda pasti sering menemukan buah dan sayur yang memiliki kombinasi warna hijau dan kuning, seperti avokad, melon, dan kacang hijau. Ternyata, kombinasi warna tersebut menjadi pertanda adanya kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Warna cokelat

Sebagian besar jenis kacang-kacangan berwarna cokelat. Warna cokelat menjadi pertanda bahwa di dalam sayuran tersebut mengandung vitamin B yang bagus untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengubah kalori menjadi energi.

Warna putih kombinasi hijau

Sayur dan buah yang identik memiliki kombinasi warna antara putih dan hijau adalah kubis, daun bawang, seledri, bawang putih, dan pir. Sayur dan buah tersebut mengandung berbagai macam fitokimia yang berbeda-beda. Misalnya, bawang putih dan bawang merah, kedua jenis bawang tersebut mengandung allicin, antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Baca Juga:  Manfaat Pola Tanam Bergilir untuk Menyuburkan Tanaman

Warna merah

Makanan berwarna merah mengandung banyak fitokimia yang bisa mengurangi dampak kerusakan akibat radikal bebas. Warna merah pada sayuran dan buah berasal dari fitokimia yang disebut lycopene. Kandungan pigmen warna merah bermanfaat untuk melawan penyakit dan menjaga kesehatan sel.

Warna merah, biru, dan ungu

Makanan berwarna gelap, seperti merah, biru, dan ungu biasanya mengandung antioksidan yang kuat.

Warna oranye

Buah dan sayur berwarna oranye memiliki karotenoid yang dapat memperbaiki DNA untuk mencegah munculnya kanker. Selain itu, makanan berwarna oranye juga mengandung vitamin A dan C.