Mengenali Penyebab Buah Tomat Busuk

Pertanianku — Permasalahan yang kerap muncul saat musim hujan tiba adalah buah tomat busuk. Permasalahan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari serangan hama hingga kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Berikut ini beberapa penyebab buah tomat busuk.

buah tomat busuk
foto: PIxabay

Serangan antraknosa

Serangan antraknosa menyebabkan buah membusuk dan berubah warna seperti terkena sengatan matahari dan diikuti oleh busuk basah berwarna hitam. Serangan antraknosa dapat diatasi dengan memanen semua buah yang terserang agar tidak menular ke buah yang masih sehat. Penyakit antraknosa dapat dikendalikan dengan insektisida, seperti Antracol.

Penyakit hawar phytopthora

Tanaman tomat yang terserang penyakit hawar phytopthora akan mengalami gejala berupa perubahan warna pada buahnya menjadi hijau tua dan busuk basah. Dalam jangka waktu beberapa hari seluruh buah akan terinfeksi, lalu buah yang terinfeksi akan mengering dan keriput.

Serangan penyakit hawar phytopthora bisa dikendalikan dengan memanen semua buah yang terserang. Penyakit hawar dapat dicegah dengan pemberian insektisida, seperti Antracol.

Ulat penggerek buah

Tanaman tomat yang terserang ulat penggerek buah akan terlihat memiliki buah yang berlubang. Apabila buah tersebut dibelah, di dalamnya akan terlihat beberapa ulat. Hama ulat penggerek buah dapat dikendalikan dengan memantau perkembangan larva hama. Gunakan insektisida apabila serangan hama ini sulit ditangani secara manual.

Kekurangan kalsium atau boron

Kekurangan kalsium atau boron menyebabkan bercak besar pada ujung buah yang masih muda. Bercak tersebut berwarna cokelat hingga hitam. Perkembangan buah dapat terganggu karena kehadiran bercak buah sehingga tanaman tidak mampu membentuk bulatan dan keras. Kondisi ini dapat diatasi dengan pemberian pupuk kalsium dan boron.

Hujan dan panas secara tiba-tiba

Kondisi cuaca yang kurang bagus dapat menjadi salah satu penyebab buah tomat busuk. Kondisi cuaca yang tiba-tiba panas dan hujan bisa menyebabkan buah pecah. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan varietas yang tahan terhadap pecah buah.

Baca Juga:  Jenis-jenis Sayur yang Kaya Vitamin K