Mengendalikan Penyakit Terung Layu Cendawan Tanpa Pestisida Kimia

    Pertanianku Layu cendawan disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum f. melongenae Matua et. Ishigami. Pada pagi dan malam hari, tanaman yang terserang tampak segar seperti tidak ada masalah, kemudian dalam beberapa hari tanaman akan mati. Apabila tanaman dibiarkan, bagian pangkal batang akan membusuk dan terkadang habis dimakan rayap.

    layu cendawan
    foto: Pixabay

    Jika tanaman yang sudah terinfeksi dipotong melintang atau memanjang, Anda akan melihat batang berwarna cokelat tua.

    Layu bakteri termasuk salah satu penyakit tanaman terung yang sering menyerang. Serangan penyakit ini tentunya bisa membuat hasil berkurang karena menyebabkan kematian pada tanaman. Belum lagi penyakit yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebar ke tanaman lain yang masih sehat.

    Anda perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan dan pengendalian yang tepat agar kerugian yang disebabkan oleh penyakit tidak begitu besar. Berikut ini beberapa cara mengendalikan layu cendawan yang bisa Anda lakukan.

    Lakukan solarisasi

    Tanah yang sudah tercemar penyakit dapat Anda solarisasi terlebih dahulu. Caranya, tutup bagian tanah yang tercemar dengan plastik transparan selama 1 bulan agar sinar matahari masuk ke tanah.

    Lakukan perawatan dengan hati-hati

    Serangan penyakit juga bisa terjadi karena kelalaian Anda saat memelihara tanaman. Oleh karena itu, lakukan kegiatan penyiangan dan pemupukan organik secara hati-hati agar tidak merusak perakaran tanaman.

    Tindakan ketika tanaman terinfeksi

    Tanaman yang sudah sakit harus segera dicabut dan dibakar. Tanah bekas tanaman tersebut sebaiknya tidak disebarkan karena bisa menulari tanaman lain yang masih sehat. Sebaiknya, bagian tanah tadi diberikan solarisasi terlebih sebelum digunakan kembali untuk bertanam.

    Gunakan tanaman yang tahan penyakit

    Tanam terung hasil sambungan dengan batang terung yang tahan layu, seperti cepokak atau terung engkol. Selain itu, Anda juga bisa langsung menggunakan tanaman terung yang tahan layu, seperti terung putih dan terung gelatik.

    Baca Juga:  Kiat Menanam Terung Secara Organik

    Rotasi tanaman

    Lakukan rotasi tanaman dengan jenis tanaman sayuran lain yang bukan merupakan inang cendawan. Hal ini berguna untuk memutus rantai kehidupan cendawan sehingga serangan cendawan bisa lebih terkendali.