Mengetahui Kandang Ideal untuk Kambing

Pertanianku — Kandang harus dimiliki oleh peternak kambing yang ingin beternak dalam skala usaha. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses perawatan serta menjamin kesehatan kambing yang diternakkan. Ada beberapa karakteristik untuk menentukan kandang kambing yang ideal, simak ulasan berikut.

kandang kambing yang ideal
foto: pertanianku

Sesuai dengan fungsi utama kandang

Pada dasarnya kandang kambing yang ideal adalah kandang yang bisa menjadi rumah tinggal bagi kambing. Oleh karena itu, fungsi utama dari kandang itu sendiri adalah melindungi kesehatan kambing dari segala ancaman seperti predator dan cuaca buruk sehingga kesehatan kambing menjadi lebih terjamin. Selain itu, kandang digunakan untuk memudahkan proses perawatan sehingga proses pemeliharaan berjalan lebih lancar.

Loading...

Daging kambing yang dihasilkan dari kambing yang dikandangkan akan jauh lebih higienis daripada kambing yang dilepasliarkan. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi keunggulan dari produk ternak yang Anda miliki.

Lokasi kandang

Selain fungsi, lokasi kandang harus diperhatikan, seperti tidak boleh mengganggu lingkungan, terutama masyarakat yang berada di sekitar kandang. Lokasi kandang harus bisa memberikan sirkulasi udara yang baik serta sinar matahari yang sesuai. Lokasi kandang dianjurkan untuk dekat dengan sumber air bersih untuk memudahkan Anda mendapatkan air yang dibutuhkan selama masa pemeliharaan.

Pembuatan kandang

Proses pembuatan kandang harus memerhatikan beberapa hal, seperti faktor biologis, faktor teknis, dan faktor ekonomis. Tujuannya, agar kandang yang digunakan berdiri dengan kokoh serta sesuai dengan kebutuhan hidup kambing tetapi efisien dari segi biaya.

Selanjutnya, Anda harus memerhatikan jenis kandang yang digunakan. Pastikan jenis kandang sudah sesuai dengan umur kambing yang sedang diternakkan. Pasalnya, setiap jenjang umur kambing membutuhkan jenis kandang yang berbeda-beda. Selain umur, banyaknya populasi kambing yang diternakkan juga memengaruhi jenis kandang yang bisa digunakan. Hal ini karena ukuran kandang harus menunjang kenyamanan kambing selama masa pemeliharaan.

Baca Juga:  Raup Untung dari Budidaya Cacing Sutera

Perlengkapan kandang

Tak cukup hanya kandang yang harus disediakan secara tepat. Perlengkapan kandang yang dibutuhkan selama masa pemeliharaan harus diperhatikan agar menunjang kelancaran proses ternak. Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain tempat pakan dan minum, gudang pakan, tempat umbaran, tempat kotoran ternak, peralatan kesehatan ternak, dan beberapa perlengkapan lain yang mendukung kelancaran usaha.

Loading...
Loading...