Mengetahui Kebutuhan Pakan Sapi

0

Pertanianku – Pemberian pakan hijauan saja pada penggemukan sapi tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertambahan bobot badan yang tinggi dalam waktu yang singkat. Pertambahan bobot sapi lebih tinggi dengan waktu penggemukan yang relatif singkat bila sapi diberi ransum yang terdiri dari konsentrat dan hijauan. Dengan memberikan pakan yang baik, diharapkan hasil dari penggemukan sapi potong akan berhasil dengan baik. Hasil yang baik ditandai dengan pertumbuhan bobot sapi yang cepat dan tubuh sapi dalam kondisi sehat.

Sapi perah FH_Pondok Ranggon_Febri_030512 (46)

Untuk memacu pertumbuhan pada usaha penggemukan sapi, pakan yang diberikan harus mengandung tiga unsur seperti berikut.

a) Bahan pakan berserat, termasuk bahan pakan ini adalah hijauan (rerumputan, legiminosa, dan tanaman lainnya) dan limbah pertanian (jerami padi, daun kacang tanah, jerami jagung, pucuk tebu). Pakan hijauan merupakan bahan pakan sumber serat yang mengandung serat kasar lebih dari 20% dan mempunyai energi serta tingkat kecernaan yang rendah.

b) Pakan penguat (konsentrat) adalah pakan yang mempunyai kandungan nutrisi tinggi dengan kandungan serat kasar yang relatif rendah, mudah dicerna, dan kaya nilai nutirisi. Sapi yang sedang digemukkan secara intensif (dikandangkan), perlu diberi pakan tambahan yang cukup untuk memperoleh tingkat pertumbuhan yang maksimal dalam waktu relatif singkat. Bahan pakan penguat dibedakan menjadi pakan konsentrat sumber energi dan sumber protein. Bahan pakan sumber energi adalah bahan pakan dengan kandungan serat kasarnya kurang dari 20% dan kandungan energi lebih dari 2.250 kkal/kg. Contohnya ubi jalar, ketela pohon, pati, tetes, dedak padi, dan dedak jagung. Sementara itu, bahan pakan sumber protein adalah bahan pakan yang mengandung protein kasar lebih dari 20%. Contohnya ampas tahu, bungkil kedelai, ampas bir, dan daun kacang-kacangan.

c) Bahan pakan tambahan biasanya berupa vitamin, mineral, hormon, enzim, antibiotik, dan urea atau UMB (urea molasis block).

Sebagai upaya untuk mengefisienkan pemberian pakan sesuai dengan sistem pencernakan sapi maka pemilihan pakan sapi dapat dicari yang efektif. Bahan pakan tersebut antara lain bisa berupa jerami padi, jagung, pucuk tebu, atau limbah pertanian lainnya yang telah dikeringkan dan diolah untuk meningkatkan nilai digestivanya.

Untuk memacu pertumbuhan dan menjaga kesehatan sapi, selain diberi pakan dan minum yang cukup, ada baiknya sapi juga diberikan pakan suplemen, seperti mikronutrien dan vitamin B komplek. Selain untuk meningkatkan nafsu makan, pemberian suplemenjuga ditujukan untuk memacu proses penyusunan protein di dalam tubuh sapi. Sebaiknya, pad a waktu datang, bakalan harus diberi obat cacing karena serangan cacing sangat mengganggu pencernaan dan pertumbuhan sapi.

 

Sumber: Buku Penggemukan Sapi Potong Hari per Hari

 

loading...
loading...