Mengetahui Khasiat Buah Kawista

Pertanianku – Mendengar buah Kawista pasti bagi sebagian orang tidak mengenalnya. Buah kawista banyak dibudidayakan di daerah Jawa Tengah memang kurang popular dipasaran. Namun, ternyata buah yang mempunyai kulit keras ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat. Bisa dikatakan buah ini memiliki rasa mirip dengan cola tetapi tidak mengandung soda dalam jumlah yang tinggi. Tidak heran jika di Jawa Tengah beberapa masyarakat mengolah kawista menjadi sirup dan menjadikannya bahan campuran jamu.

Mengetahui Khasiat Buah Kawista

Buah ini juga mempunyai efek farmakalogi yang sangat ampuh. Buah kawista yang telah matang berkhasiat menurunkan panas, pengelat dan bersifat tonikum, dan digunakan sebagai obat sakit perut.

Loading...

Di Indonesia dan Cina, duri, kulit , dan batang buah ini dapat dijumpai di dalam berbagai ramuan obat tradisional untuk mengobati haid yang berlebihan, gangguan hati, gigitan dan sengatan binatang, dan untuk mengobati mual-mual. Kayu kawista dapat digunakan untuk bangunan rumah, tiang dan perabotan pertanian. Getah yang dikumpulkan dari kulit kayunya dilaporkan memiliki manfaat obat, dan digunakan sebagai pengganti gom arab.

Manfaat lainnya dari buah ini adalah mampu mengembalikan stamina yang drop. Karena itulah buah ini banyak dimanfaatkan sebagai tonikum untuk mengembalikan kesegaran tubuh seseorang. Olahan kawista dalam bentuk dodol juga dapat menjadi sumber energi yang sangat baik. Gabungan nutrisi dan gula dalam dodol akan memberikan asupan energi yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:  Durian Kromo Asal Banyumas Akan Dibudidayakan di Kalimantan Tengah
Loading...
Loading...