Mengetahui Manfaat Biji Mangga


Pertanianku – Banyak orang yang tidak mengetahu manfaat dari biji mangga karena kurangnya pengetahuan tentang hal tersebut. Ternyata biji mangga dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai obat herbal alami.

Mengetahui Manfaat Biji Mangga

Biji mangga mempunyai kandungan senyawa dan zat yang seperti karbohidrat sebanyak 19.52%, lemak 3,80% dan protein sebanyak 3.78% dari berat total berat biji mangga. Di India pada musim paceklik menyerang masyarakat memanfaatkan biji mangga sebagai pengganti beras dan gandum. Sementara pulau Jawa yang padat penduduk, masyarakat telah lama mengolahnya menjadi Jenang Pelok.

Pada 2012 Christina Engels dari University Alberta Kanada melakukan penelitian terhadap kandungan biji mangga dan menemukan fakta menakjubkan bahwa biji mangga bisa membantu menanggulangi wabah penyakit listeriosis. Hal ini didasarkan pada kandungan tannin murni pada biji mangga yang berperan penting yang berfungsi menghalangi kinerja berbagai jenis bakteri.

Selain itu biji mangga mampu mengobati diare. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengeringkan biji buah mangga yang sebelumnya membuang cangkangnya. Setelah itu, bagian dalamnya dijadikan bubuk dan diseduh dengan air panas. Manfaat biji mangga lainnya adalah sebagai bahan pembuatan tepung. Hanya dengan mengeringkan bagian dalam dari biji mangga, kemudian jika sudah kering jadikanlah serbuk. Kemas dalam wadah kedap udara dan bisa digunakan saat diperlukan. Sangat banyak bukan manfaat yang ada di dalam biji mangga? Mulai sekarang selepas mengonsumsi mangga jangan membuang bijinya.

Baca Juga:  Cara Memberi Perangsang Buah yang Tepat untuk Tanaman Kelengkeng