Mengetahui Penyebaran dan Populasi Burung Pleci


Pertanianku – Berkaitan dengan penyebaran dan populasi burung kacamata alias pleci cukup merata di setiap tempat. Begitu pun dengan populasinya saat ini masih bisa digolongkan cukup banyak di alam.

Karakter dan Kelemahan Pleci

  1. Penyebaran

Burung kacamata hampir bisa dikatakan menyebar luas ke seluruh buminusantara, dari Aceh sampai Papua. Dari pulau yang besar hingga ke pulau-pulau kecil. Hanya saja, keunggulan dari segi kualitas suara burung kacamata di setiap wilayah belum banyak terungkap. Hal ini kemungkinan penyebabnya, antara lain karena banyak beredar di pasaran hingga saat ini sebagian besar burung kacamata asal Pulau Jawa, Lampung, dan Sumatera Selatan.

  1. Populasinya

Keberadaan pleci diperkirakan masih mencukupi kebutuhan para kicau mania. Kalau pun ada penyusutan di Pulau Jawa, para pedagang burung dapat mendatangkan dari Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Hal yang membuat populasi pleci bisa bertahan lama karena burung ini memiliki masa berkembang biak relatif lama dan bisa dikatakan tidak mengenal musim. Artinya, perkembangbiakannya bisa sepanjang tahun, apalagi jika di dukung oleh curah hujan yang cukup tinggi seperti di daerah Jawa Barat. Dengan kondisi iklim basah tentu banyak hutan lebat yang menjadi sumber makanan dan menjadi pilihan berbagai jenis burung untuk menghuni dan berkembang biak.

 

Sumber: Buku Burung Pleci

 

loading...
loading...