Menggali 14 Produk ZPT untuk Buah

Pertanianku — Seiring berkembangnya teknologi, beragam produk ZPT untuk buah sudah bisa ditemui dengan sangat mudah. ZPT sendiri merupakan singkatan dari zat perangsang tumbuh. Fungsi dari zat ini adalah sebagai pengatur yang memengaruhi aktivitas berbagai sistem organ tanaman agar tanaman cepat berbuah. Berikut ini 14 produk ZPT untuk buah.

produk ZPT
Foto: pixabay

Atonik mengandung zat aktif berupa natrium orti nitrophenol, natrium para nitrophenol, natrium-2,4-dinitrophenol, dan natrium-5-nitroguaiakol. Zat tersebut berfungsi merangsang pertumbuhan akar, meningkatkan daya serap akar, dan mempercepat pertumbuhan daun. Zat ini juga merangsang keluarnya bunga dan pembentukan buah.

Cultar mengandung paklobutrazol. ZPT ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan buah pada tanaman apel dan mangga di Indonesia, serta buah durian di Thailand.

Loading...

Dekamon 22,43 L mengandung berbagai zat aktif yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tunas baru. Selain itu, ZPT ini juga bsia mencegah kerontokan bunga dan buah, meningkatkan kuantitas dan kualitas buah. Umumnya, dekamon digunakan untuk buah apel dan cabai merah.

Dharmasri 5 EC mengandung zat aktif triakontanol. ZPT ini berkhasiat meningkatkan hasil dan bobot buah tanaman.

Ergostim mengandung zat folsistin dan asam pteroilglutamat. Zat ini berguna untuk meningkatkan hasil, mutu, warna, kadar vitamin, dan bisa membuat buah matang bersamaan.

Ethrel 40 PGR mengandung etefon. Tanaman buah apel, nanas, dan pisang biasa menggunakan ZPT jenis ini. Begitu pula pada tanaman hortikultura dan perkebunan.

Floritai digunakan untuk mempercepat dan meningkatkan produksi tanaman hortikultura.

Gibberelin kyowa biasa digunakan pada tanaman vegetatif. ZPT ini bisa mempercepat pembungaan, meningkatkan jumlah bunga dan buah, memecahkan dormansi, dan merangsang perkecambahan benih.

Hidrasil biasa digunakan untuk merangsang pertumbuhan bunga dan daun pada tanaman. Hidrasil mengandung zat aktif 2,4-D.

Baca Juga:  Cara Menghasilkan Benih Pepaya California Berkualitas

Hobsanol 5 EC bisa meningkatkan hasil dan mutu tanaman. Zat aktif pada ZPT ini adalah triakontanol.

Kalsium karbit sudah lama dikenal sebagai ZPT. Ia bisa mempercepat pembungaan dan pembuahan pada nanas. Butiran gas kalsium karbit bisa berubah jadi gas asetelin ketika bereaksi dengan air. Gas inilah yang berfungsi sebagai hormon timbulnya pembungaan. Agar lebih maksimal, pemberian kalsium karbit dilakukan pada malam hari.

Kocide 80 AS memiliki kandungan tembaga hidroksida. ZPT ini berkhasiat merangsang pertumbuhan akar serabut tanaman di persemaian.

Mixtaxol menjadikan pembentukan bunga menjadi lebih baik, serta buah lebih banyak dan berkualitas tinggi.

Sitozim digunakan untuk menyeragamkan pembungaan dan pembuahan. Tujuan penggunaan ZPT ini agar panen bisa dilakukan persamaan.

Loading...
Loading...