Menghasilkan Benih Gurami Ukuran Bungkus Rokok

Pertanianku — Usaha budidaya gurami harus dilakukan dengan beberapa segmen agar perputaran modal pembudidaya cepat dan menguntungkan. Menghasilkan benih gurami ukuran bungkus rokok merupakan bagian dari salah satu segmen usaha budidaya gurami.

gurami ukuran bungkus rokok
foto: pertanianku

Sebagian pembudidaya menghasilkan benih gurami ukuran bungkus rokok dari benih gurami ukuran korek. Pembesaran normalnya membutuhkan waktu selama 8 bulan untuk menghasilkan benih gurami ukuran bungkus rokok dari penetasan telur. Jika dilakukan dari benih ukuran kuku, pembesaran akan membutuhkan waktu selama 4 bulan.

Banyak pembudidaya melakukan pembesaran benih gurami ukuran bungkus rokok dari benih ukuran korek. Hal ini bertujuan memangkas waktu pembesaran menjadi lebih cepat. Pasalnya, pembesaran yang dilakukan dari benih ukuran korek hanya membutuhkan waktu selama 2 bulan.

Loading...

Benih ukuran korek yang akan dibesarkan harus memiliki berat normal sebesar 20—25 gram. Kriteria lain yang tidak kalah penting adalah sehat, gerakan normal dan lincah, tidak ada luka dan cacat fisik, sisik lengkap, serta warna tubuh tidak terlalu hitam.

Wadah pembesaran benih dapat dilakukan pada kolam, baik kolam terpal, kolam beton maupun kolam tanah. Biasanya pembudidaya lebih sering menggunakan kolam tanah atau terpal. Anda bisa menggunakan kolam beton jika memiliki modal investasi yang cukup besar.

Jika menggunakan kolam tanah, luas ideal yang dibutuhkan adalah sekitar 30m2, dan masih bisa ditingkatkan hingga sekitar 100m2. Namun, para pendeder ikan lebih sering menggunakan kolam terpal karena dianggap lebih praktis, fleksibel, dan murah meskipun luas yang dibutuhkan hampir sama dengan luas kolam tanah.

Benih yang akan dibesarkan harus dipastikan sehat dan seragam. Selain itu, pastikan pengemasan benih sudah sesuai standar agar tidak menimbulkan kecacatan pada fisik ikan. Pengangkutan benih lebih baik dilakukan pada pagi atau sore hari.

Baca Juga:  Jangan Khawatir! Begini Cara Mengatasi Lele yang Terserang Penyakit

Saat penebaran benih harus dipastikan bahwa suhu sedang rendah tidak panas. Sebelum ditebar, benih harus diaklimatisasi untuk menyesuaikan suhu air yang berada di dalam wadah. Proses aklimatisasi dapat dilakukan dengan memasukkan air kolam sedikit demi sedikit dan secara perlahan ke dalam wadah pengangkutan benih selama 10 menit.

Setelah itu, masukkan benih ke kolam secara perlahan dengan bantuan wadah seperti baskom. Biarkan benih keluar sendiri dari baskom ke dalam kolam. Aturlah kepadatan benih secara optimal, biasanya sekitar 40—60 ekor/m2.

Pakan yang diberikan berupa pelet apung protein 28 persen dan hijauan yang berupa daun talas yang dicacah sebanyak 2 persen setiap hari. Pemberian sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Benih gurami ukuran bungkus rokok sudah bisa dipanen saat bobotnya sebesar 75 gram. Jika diperpanjang dalam 60 hari lagi, bobotnya akan mencapai 150—200 gram/ekor.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...