Mengintip 6 Manfaat Timun Suri

Pertanianku Manfaat timun suri sebenarnya sangat banyak. Mulai dari melancarkan buang air kecil sampai membantu proses detoksifikasi tubuh. Tak hanya itu, buah berwarna kuning ini juga memiliki manfaat lainnya.

Manfaat timun suri
Foto: instagram sigitprasetyo97

Sebagai anti-oksidan

Kandungan timun suri berupa vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen, dan lignan berperan sebagai anti-oksidan dalam tubuh. Jounal of Young Pharmacists yang dirilis pada 2010 menjelaskan bahwa buah ini memiliki kemampuan mengurangi kadar radikal bebas dari dalam tubuh.

Loading...

Menyehatkan mata

Timun suri selain mengandung beta karoten sebagai pro vitamin A, juga mengandung vitamin A itu sendiri. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, asam askorbat dan asam caffeic yang terkandung dalam timun suri juga bisa mengurangi retensi air dan dapat membuat bengkak di sekitar mata berkurang.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi

Beberapa zat seperti serat, saponon, dan magnesium dapat menjaga kestabilan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya tingginya kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, potensi tekanan darah tinggi juga dapat dikurangi.

Mencegah alzheimer

Vitamin K pada timun suri cukup tinggi sehingga timun suri bisa membatasi kerusakan neuronal di otak. Hal ini dapat mencegah terjadinya alzheimer, yang merupakan penyakit akibat rusaknya sel-sel dalam otak.

Mengandung zat antikanker

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Scientific World Journal yang dipublikasikan pada 2010 menunjukkan bahwa kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu menghalangi jalur munculnya sel kanker. Zat tersebut juga mampu menghalangi kerusakan metabolisme tubuh.

Baik untuk penderita diabetes

Timun suri cukup aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks tidak cepat diserap darah sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat ditekan dan tidak langsung terjadi lonjakan.

Baca Juga:  Mengulik Manfaat Pohon Sengon untuk Kesehatan
Loading...
Loading...