Mengintip Daun Pemberi Aroma yang Populer di Barat

PertaniankuDaun pemberi aroma sudah banyak ditambahkan pada berbagai jenis masakan. Tujuan utama pemberian daun ini adalah untuk menciptakan aroma yang lebih menggugah selera. Jenisnya pun sangat banyak.

Di negara-negara barat, pemberian daun pemberi aroma juga hal yang sangat lumrah. Anda bisa menemukan berbagai masakan diberikan tambahan beragam jenis dedaunan ini, baik dalam bentuk masih segar maupun dikeringkan. Apa saja daun-daun tersebut?

Bay leaf

Loading...
Daun pemberi aroma
Foto: pixabay

Sekilas, bay leaf mirip dengan daun salam. Apalagi keduanya sama-sama bisa digunakan dalam keadaan sudah dikeringkan. Akan tetapi, ukuran dari daun bay leaf ini lebih kecil ketimbang daun salam yang banyak di Indonesia. Aroma bay leaf sangat khas.

Anda mungkin akan mengenal daun ini pada banyak gambar di era Yunani kuno. Sebab, pada zaman tersebut, rangkaian daun bay leaf sering disematkan di kepala para pemenang perlombaan.

Bay leaf biasa digunakan untuk bumbu sup, stew, dan saus bolognese atau bolognaise. Penggunaannya cukup satu helai karena aromanya yang kuat. Selain digunakan untuk masakan, bay leaf juga digunakan sebagai antiseptik.

Parsley

Daun pemberi aroma
Foto: pixabay

Daun ini memiliki nama lain peteseli. Bentuknya sangat mirip dengan daun seledri. Namun, daun parsley memiliki bentuk daun yang lebih rimbun ketimbang seledri. Sejak abad pertengahan, parsley mulai digunakan sebagai bumbu pada berbagai jenis masakan.

Ada tiga jenis parsley, yaitu curly parsley, italian parsley, dan turniprooted parsley. Curly parsley merupakan jenis yang paling banyak dikonsumsi. Parsley biasa digunakan sebagai campuran saus atau garnis pada masakan.

Basil

Daun pemberi aroma
Foto: pixabay

Berasal dari India, nyatanya kepopuleran basil merambah hingga negara-negara lainnya. Yunani, Italia, Thailand, Vietnam, dan Laos adalah beberapa negara yang memanfaatkan aroma daun basil sebagai salah satu bumbu andalan dalam masakan.

Baca Juga:  Tanaman-tanaman Sayur Ini Mudah Ditanam di Rumah

Jika dihitung, kurang lebih ada 60 varian basil di dunia ini. Namun, yang paling sering dijumpai adalah basil berwarna hijau tua. Basil sendiri populer sebagai topping pizza.

Rosemary

Daun pemberi aroma
Foto: freepik

Apakah Anda mengenali daun berbentuk jarum ini? Daun rosemary biasa tumbuh di pesisir Pantai Mediterania. Daun ini digunakan sebagai obat dan pengawet makanan alami. Khasiat lainnya adalah untuk pewangi dan produk kecantikan. Meskipun demikian, rosemary sejatinya banyak digunakan sebagai bumbu untuk sup, daging, saus, dan bumbu perendam.

 

Loading...
Loading...