Mengintip Keuntungan Budidaya Kurma Tropis

PertaniankuBudidaya kurma dan buah kurma memiliki pasar yang sangat besar di Indonesia. Pasar ini akan meningkat seiring datangnya Ramadan dan musim haji. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu.

Budidaya kurma
Foto: instagram petani.moodern

Walaupun berasal dari dataran Arab, pohon kurma tak hanya tumbuh di wilayah tersebut. Sudah banyak negara penghasil kurma selain Semenanjung Arab. Mulai dari Australia, Cina, hingga Amerika memiliki kawasan gurun seperti daerah Arab. Kini, pohon kurma pun bisa ditanam di wilayah tropis seperti Indonesia.

Budidaya kurma tropis tersebut pertama kali diprakarasi oleh petani Thailand. Jenis kurma yang dikembangkan adalah kurma Kolak One atau disingkat KL1. Kurma tropis ini akan berbunga ketika usianya sudah mencapai tiga tahun dari waktu tanam. Kurma KL1 juga dikenal sebagai kurma dengan produktivitas yang genjah.


Loading...

Jika Anda ingin melakukan budidaya sejak masa berbunga, Anda dapat membeli bibit kurma dengan harga yang lebih mahal. Pohon kurma ini dibanderol hingga Rp1,5 juta per pohonnya.

Bunga-bunga yang dihasilkan oleh kurma tropis tersebut tak selamanya berkembang menjadi buah. Awalnya, bunga akan berguguran. Bunga ini disebut sebagai bunga pasir. Tahun berikutnya, bunga yang tadinya hanya rontok tanpa berkembang tersebut dapat berbuah menjadi buah yang bisa dipanen.

Dengan adanya kurma ini, petani Indonesia pun dapat memulai bisnis budidaya kurma tropis. Kurma KL1 sudah mengalami banyak proses mutasi genetik. Oleh karena itu, kurma ini cocok ditanam di wilayah tropis termasuk Indonesia.

Budidaya kurma tropis ini dapat dimanfaatkan sebagai kurma segar. Kurma dikonsumsi di Indonesia sebagian besar sudah dalam keadaan dikeringkan. Kurma yang masih muda tidak banyak dijual karena umur masa simpannya rendah.

Baca Juga:  Mangga Melimpah dari Nusa Tenggara Barat

Satu butir kurma muda yang baru dipetik bisa dibanderol hingga Rp25.000. Padahal, dalam satu tandan buah pohon kurma ini terdapat ratusan butir. Harga kurma segar yang masih muda ini pun terbilang kompetitif jika dijual dalam jumlah besar. Satu kilogram kurma segar dapat dijual dengan harga Rp400.000—Rp1.000.000.

Ketika pohon sudah mencapai umur 5 tahun setelah masa tanam, kurma tropis dapat menghasilkan 25 kilogram buah kurma.

Loading...
Loading...