Mengintip Manfaat Rambutan, si Buah Berambut Khas Asia Tenggara

Pertanianku — Memasuki musim buah rambutan, tidak jarang kita menemukan pedagang rambutan menawarkan dagangannya di pinggir jalan. Walaupun tampak sederhana, ternyata tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah bercita rasa manis ini. Ada banyak manfaat rambutan yang sebaiknya Anda tahu agar gemar mengonsumsi buah berambut yang satu ini.

manfaat rambutan
Foto: freepik

Manfaat rambutan yang banyak diteliti oleh para peneliti adalah ekstrak fenolik pada kulit rambutan. Ekstrak ini dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa darah, terutama pada penderita diabetes. Sudah rahasia umum bila para penderita diabetes sering kali bermasalah dengan tingginya angka glukosa dalam darah sehingga kesulitan melakukan aktivitas.

Selain itu, buah rambutan juga mengandung serat. Kandungan serat ini berbanding terbalik dari kandungan kalori yang dimiliki oleh buah ini. Rambutan mengandung 84 kalori dalam 100 gram buah, dan juga mengandung serat dalam jumlah cukup tinggi. Oleh karena itu, konsumsi rambutan justru akan membuat tubuh terasa lebih kenyang sehingga baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Loading...

Karena tinggi serat, buah rambutan juga baik untuk mengurangi berbagai risiko penyakit. Mulai dari penyakit jantung, hipertensi, hingga kolesterol dapat ditekan dengan konsumsi serat yang cukup. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi buah yang satu ini selama masih dalam jumlah yang wajar.

Buah rambutan juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang banyak. Sebanyak 40 miligram vitamin C bisa ditemukan dalam 100 gram rambutan. Vitamin C ini setara dengan 66 persen nilai vitamin C yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama satu hari.

Fungsi vitamin C sendiri sangatlah beragam. Vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama dari penyakit flu karena merupakan salah satu anti-oksidan. Selain itu, vitamin C juga dapat mendetoksifikasi logam berat dan racun. Kulit juga tampak lebih sehat bila konsumsi harian vitamin C tercukupi dengan baik.

Baca Juga:  Masker Avokad Solusi Jitu untuk Kulit Muka Kering

Tidak sampai di situ, manfaat rambutan lainnya adalah kandungan mineral berupa zat besi dan fosfor. Dalam 100 gram rambutan, jumlah zat besi yang terkandung dapat mencapai 13,8—31,2 persen dan jumlah fosfor 4,3 persen dari total asupan harian yang diperlukan.

Loading...
Loading...