Mengintip Peluang Bisnis Ternak Sugar Glider

Pertanianku — Saat ini, sugar glider (Petaurus breviceps) menjadi hewan peliharaan yang sedang digandrungi masyarakat. Di samping bentuknya yang lucu, binatang jenis Marsupialia ini juga ternyata bisa menjadi binatang jinak dan penurut. Sementara itu, bagaimana dengan peluang bisnis ternak sugar glider?

Secara fisik, sugar glider atau biasa disebut SG ini memiliki bentuk fisik menyerupai tupai, namun lebih kecil dan memiliki kantong di perutnya (seperti seekor kanguru). Sugar glider ini merupakan binatang endemik asli Papua dan Australia, dan bukanlah binatang pengerat seperti tupai.

Sugar glider banyak disukai orang karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang tertarik memeliharanya sebagai hewan peliharaan. Di luar negeri SG biasa juga disebut sebagai pocket pets, karena bentuknya yang mungil dan biasanya orang-orang membawanya dengan menggunakan pocket atau kantong khusus.

Loading...

Keunggulan SG, yaitu kemampuan beradaptasinya yang luar biasa sehingga membuat SG tidak mudah terkena penyakit atau virus. Selain itu, untuk mengembangbiakkannya juga cukup simpel dan tidak ribet.

Daya tarik lain yang dimiliki SG, adalah warna bulunya yang menarik. Warna bulu SG yang ada di pasaran biasanya adalah black beauty/grey. Sementara, jenis SG yang beredar di pasaran terdapat pula SG hasil impor, yaitu white face, white tip, platinum, dan albino yang memiliki harga jual tinggi.

Keberhasilan anak SG tumbuh dewasa sangat tinggi. Hal inilah yang membuat bisnis pembudidayaan SG memiliki prospek yang bagus. Bagaimana tidak, saat ini anakan SG atau biasa disebut joy bisa dihargai Rp400 ribu—Rp700 ribu, tergantung jenis, kondisi, serta keunikan SG itu sendiri.

Untuk membudidayakan SG, Anda bisa menggunakan kandang hamster yang ditaburi serbuk potongan kayu. Banyaknya stasiun TV dan media yang mengulas lifestyle anak-anak perkotaan yang memelihara SG ini juga membuat permintaan SG semakin hari semakin meningkat.

Baca Juga:  Tips Memilih Pakan Kelinci untuk Pemula

Kemampuan hidup SG yang bisa sampai 15 tahun, pemeliharaan yang simpel dan tingginya permintaan sebagai hewan peliharaan yang sedang tren membuat SG sangat cocok untuk diternakkan dan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Loading...
Loading...