Mengisi Air Akuarium Agar Cepat Jernih? Ya, Begini Caranya!


Pertanianku – Bagi Anda yang memiliki akuarium/aquascape di rumah sebaiknya mengganti air dalam akuarium secara rutin minimal setiap satu minggu sekali. Tujuan membersihkan akuarium, selain menghilangkan bau amis pada akuarium, juga menjaga kesehatan ikan-ikan yang hidup di dalamnya.

Banyak orang yang memiliki akuarium hanya mengganti air di dalamnya ketika air berwarna keruh. Namun akan lebih baik, sebelum air di dalam akuarium berubah menjadi keruh diganti dengan air yang baru.

Pasalnya, aquascape merupakan sebuah kegiatan yang membutuhkan etos kesabaran dan ketelitian. Dua sifat ini yang dibutuhkan dalam setiap aspek di aquascape. Termasuk hal yang terkesan remeh, yakni mengisi air ke dalam akuarium.

Meskipun terkesan sepele, ternyata hal ini menjadi sebuah kendala tersendiri. Sebab, cara mengisi yang salah akan membuat akuarium menjadi kotor dan berimbas negatif pada penampilan dan ekosistem yang ada di dalamnya.

Berikut beberapa tahapan mengisi air di akuarium agar cepat jernih.

  1. Siapkan akuarium dan perlengkapan yang hendak digunakan.
  2. Cuci bersih semua peralatan.
  3. Masukan substrat, kemudian pasang filter, setup wood, dan tanaman hingga beres
  4. Ambil beberapa kresek yang besar, kemudian gunting bagi menjadi dua. Tujuannya adalah melindungi permukaan akuarium. Jika dirasa plastik kurang besar, sambungkan dengan beberapa plastik lain hingga sampai ukurannya mencapai 2 kali lebih besar daripada luas permukaan akuarium.
  5. Lipat menjadi dua bagian, kemudian masukkan plastik ke akuarium. Tutup semua permukaan akuarium dengan plastik (termasuk wood, tanaman, dan lainnya)
  6. Tuang air secara perlahan ke atas plastik, usahakan jangan mengenai substrat. Apabila air sudah mencapai ketinggian 10 cm, plastik akan ikut naik ke permukaan air secara otomatis.
  7. Apabila air sudah terisi penuh, angkat plastik secara perlahan agar tidak menimbulkan arus. Plastik yang sudah terangkat bisa dikeringkan dan dipakai lagi.
  8. Tahap terakhir adalah menghidupkan filter.
Baca Juga:  Inilah Jenis-jenis Ikan Mas Koki yang Sering Diburu

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan?

loading...
loading...