Mengobati Burung Poksay yang Terserang Cacingan

PertaniankuBurung poksay yang dipelihara cenderung lebih mudah terserang penyakit dibanding yang hidup di alam bebas. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi kebersihan kandang, pakan yang diberikan, hingga kondisi perubahan suhu atau cuaca. Salah satu penyakit yang kemungkinan bisa menyerang burung poksay kesayangan Anda adalah cacingan.

burung poksay
foto: Pixabay

Serangan cacingan dapat diidentifikasi dari gejala-gejala yang tampak. Biasanya, burung akan terlihat pucat, kekurangan darah (anemia), badan lesu, tidak nafsu makan, serta bulu kusam dan mudah rontok.

Gejala lain yang dapat terlihat adalah kotoran yang encer atau bahkan burung malah tidak bisa membuang kotoran. Terkadang, di kotoran tersebut juga tampak cacing. Apabila kondisi cacingan sudah semakin parah, burung bisa mengalami kelumpuhan.

Cacingan disebabkan oleh cacing ascaris yang hidup sebagai parasit di dalam usus burung poksay. Penularannya dapat terjadi melalui pakan dan minum yang sudah tercemar telur cacing.

Penyakit cacingan harus segera diatasi agar kondisi tidak semakin parah. Parasit ini akan terus menggerogoti burung hingga burung semakin lemah. Saat kondisi lemah, burung dikhawatirkan jadi mudah terserang penyakit lainnya.

Pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan pil Super Biru atau Supervit Drops. Berikan obat cacing Triworm setiap 2–3 bulan sekali. Obat Triworm berguna untuk membunuh cacing sehingga parasit di dalam usus burung menghilang. Ketika burung mengalami mencret, berikan Diavit.

Infeksi cacing bisa dicegah dengan mengarantina burung yang sudah terindikasi cacingan di dalam sangkar yang sudah diberikan lampu agar burung merasa hangat. Jangan biarkan kotoran menumpuk di dalam sangkar. Sangkar harus dibersihkan setiap hari dan sering dijemur. Sangkar mesti diusahakan terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga:  Beragam Manfaat yang Tersembunyi dalam Daun Pegagan

Pencegahan juga dapat dilakukan melalui tempat pakan dan minum yang dijaga selalu bersih. Tempat tersebut harus rutin dicuci dengan Asepto agar terbebas dari kuman dan telur cacing.