Mengolah Mentimun Menjadi Obat Alami Berbagai Penyakit


Pertanianku – Buah mentimun merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh jika dikonsumsi. Buah ini memiliki kandungan air yang dapat membantu tubuh secara alami mengeluarkan bakteri dan menetralkan racun dalam tubuh. Namun, sampai saat ini pengetahuan mengenai cara mengolah mentimun untuk dijadikan sebagai obat masih kurang diketahui oleh sebagian masyarakat. Padahal cara mengolah mentimun jadi obat cukup mudah. Berikut ini cara mengolah buah mentimun menjadi obat sesuai dengan jenis penyakit.

Mengolah Mentimun Menjadi Obat Alami

  1. Mengatasi jerawat

Selain masalah kesehatan buah mentimun juga bisa diolah menjadi obat untuk mengatasi jerawat. Cara mengolahnya terbagi dalam dua cara. Pertama, ambil beberapa buah kemudian potong-potong, selanjutnya tempelkan pada permukaan kulit yang berjerawat. Kedua, ambil satu buah mentimun lalu parut ujungnya. Setelah itu, ambil kunyit lalu haluskan. Setelah halus, campurkan hasil parutan kunyi dengan mentimun kemudian tempelkan di area wajah secara merata.

  1. Radang tenggorokan

Buah mentimun punya banyak khasiat untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan. Cara mengolahnya, ambil beberapa buah lalu siapkan wadah dan garam. Setelah itu cuci bersih buah kemudian potong-potong kecil. Masukkan potongan buah mentimun ke air dan campurkan dengan garam. Gunakan hasil olahan untuk berkumur.

  1. Obat ginjal

Mentimun bisa dijadikan obat untuk mengatasi penyakit ginjal. Cara mengolahnya adalah ambil beberapa buah setelah itu cuci sampai benar-benar bersih. Haluskan mentimun, kemudian peras, tuang ke dalam gelas lalu diminum. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya Anda meminumnya satu sampai tiga kali dalam sehari.

  1. Penyakit darah tinggi

Salah satu khasiat mentimun adalah mengobati penyakit darah tinggi karena kandungan airnya bisa menetralisir kandungan garam dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui air seni. Cara mengolahnya, ambil sebuah wadah yang bersih kemudian siapkan beberapa buah mentimun. Ambil buah dan cuci hingga bersih kemudian haluskan. Setelah itu, pisahkan air dengan ampas kemudian tuang dalam gelas. Minumlah sari mentimun sebanyak satu sampai tiga kali dalam sehari. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya rutin mengonsumsi buahnya.

Baca Juga:  Sayuran Organik Bentuknya Tak Sempurna? Ini Penyebabnya!
loading...
loading...