Mengolah Pepaya Menjadi Mi Sehat


Pertanianku – Pepaya merupakan buah yang banyak tumbuh di negara beriklim tropis seperti di Indonesia. Di Indonesia sendiri buah pepaya sangatlah melimpah. Selain rasanya lezat, mengonsumsi pepaya juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, saking melimpahnya, kini telah banyak makanan yang terbuat dari olahan buah pepaya.

Namun, belum banyak yang tahu ternyata buah pepaya juga bisa disajikan dalam bentuk olahan mi yang lezat dan bergizi. Sajian mi buah pepaya bisa menjadi alternatif pengganti mi instan yang selama ini dinilai berdampak buruk pada kesehatan bila terlalu banyak mengonsumsi.

Cara membuat mie buah pepaya sangat mudah. Sutri Handayani, dosen Universitas Islam Lamongan, Jawa Timur, yang meneliti pangan olahan unik ini menjelaskan, inovasi pangan olahan berbahan baku pepaya mentah ini sangat mudah dibuat dan menyehatkan.

“Buah pepaya yang masih mentah diiris kecil-kecil, dikeringkan di bawah terik matahari, kemudian digiling menjadi tepung,” ujarnya.

Setelah menjadi tepung, pepaya bisa dicampur dengan tepung terigu atau tapioka serta minyak sayur, garam, dan telur. Buat adonan dengan bahan tersebut kemudian diamkan sekitar 20 menit.

Selanjutnya, adonan digiling dengan alat menggiling mi. Dan, mi pepaya yang lezat serta menyehatkan siap diolah menjadi berbagai menu yang nikmat dan memanjakan lidah Anda.

Baca Juga:  Ikan Lele Diolah Jadi Cendol, Apa Rasanya Ya?
loading...
loading...