Mengonsumsi Pisang Saat Sarapan, Apakah Sehat?


Pertanianku – Sarapan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan aktivitas. Setiap orang memiliki menu sarapan yang berbeda-beda. Beberapa lainnya memilih sarapan dengan mengonsumsi buah, salah satunya buah pisang. Namun, apakah buah pisang adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat sarapan?

Foto: Stack

Mengonsumsi pisang saat sarapan atau perut kosong mungkin tidak sehat untuk Anda. Meskipun, pisang tampaknya menjadi pilihan sarapan termudah yang dapat meningkatkan energi, buah ini juga mempunyai kekurangan sendiri.

Meskipun pisang kaya akan serat, potassium dan magnesium yang sehat, ada beberapa alasan untuk menghindarinya saat sarapan. Anda dapat mengonsumsi pisang di waktu lain. Berikut penjelasan selengkapnya seperti melansir Boldsky.

Apakah gula masalahnya?

Pisang bukan pilihan sarapan yang baik untuk Anda? Pisang termasuk buah yang sarat dengan gula. Karena itu, pisang bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak setelah beberapa saat Anda mengonsumsinya. Tentu saja, gula pada pisang adalah alami, tapi lonjakan kadar gula darahnya tidak aman bagi kesehatan.

Kombinasikan dengan buah lain

Jika Anda mengonsumsi pisang bersama dengan makanan lain yang mengandung lemak sehat, relatif lebih aman sebagai pilihan sarapan pagi. Anda bisa memilih alpukat sebagai pendamping pisang ketika sarapan. Alpukat yang mengandung lemak sehat ini akan membantu mengontrol kadar gula darah.

Anda mengantuk?

Jika Anda hanya mengonsumsi pisang untuk sarapan, mungkin akan merasa lesu dan mengantuk beberapa saat kemudian. Anda juga hanya akan merasa kenyang sesaat.

Bisa padukan makan pisang dengan yoghurt?

Apakah masih ada cara untuk makan pisang di pagi hari? Ya, tambahkan ke semangkuk yoghurt, atau konsumsi satu sendok teh selai kacang bersama dengan pisang. Hal ini bisa mengurangi kadar asam dan mencegah fluktuasi kadar gula darah.

Baca Juga:  Saatnya Mengulik Khasiat Undur-undur

Fermentasi gula, apa masalahnya dengan gula?

Gula perlu diolah di tubuh. Gula umumnya difermentasi dan dalam proses itu mereka bisa berusah asam. Bahkan, sistem pencernaan pun bisa terpengaruh.

loading...
loading...