Mengonsumsi Terong Dapat Mencegah Diabetes


Pertanianku – Terong merupakan tanaman yang bisa dijadikan lalapan mentah maupun sebagai masakan tergantung jenisnya. Ada yang berbentuk bulat dan lonjong panjang dengan aneka warna. Bagi Anda yang tak suka sayuran yang satu ini rugi sekali.

Mengonsumsi Terong Dapat Mencegah Diabetes

Kulit pada terong memiliki pigmen yang mengandung anthocyanin, yaitu senyawa antioksidan yang penting untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Antioksidan ini bertugas melindungi sel-sel dari kerusakan, termasuk sel-sel beta pankras, suatu sel yang bertanggung jawab mensekresi insulin dalam tubuh.

Kandungan antioksidan ini mengurangi kerusakan pada jaringan perifer yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Oleh karena itu, saat mengonsumsi terong jangan buang kulitnya, karena  bermanfaat untuk turunkan risiko diabetes.

Terong yang setelah matang mempunyai tekstur yang empuk, maka terong sama halnya dengan jenis sayuran lain yang bila diolah akan menjadi makanan yang lezat. Terong dipercaya sebagai makanan yang dapat mengganggu vitalitas pada pria, kabarnya juga dapat menimbulkan impotensi. Tak pelak, anggapan itu berakibat terong bak musuh yang menakutkan bagi sejumlah pria. Namun, anggapan itu salah. Tidak bukti kebenarannya ujar Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph.D., DSG, ahfi gizi dari Universitas Indonesia.

Mengonsumsi terong bersamaan dengan makanan yang mengandung kolesterol, akan membuat kolesterol dalam makanan itu menurun. Tetapi, itupun bila terong disajikan dengan cara direbus atau kukus. Karena terong yang diberi bumbu yang dimasak dengan menggoreng, apalagi dimasak dengan santan, maka hilang semua khasiatnya.

Terong juga dapat pencegah kanker, namun, kebanyakan mengonsumsi terong pun dapat mematikan sel-sel penyebab kanker. Bahkan, minumnya sumber kalori pada terong seperti energi 17.4 kal, 1.2 gr protein, lemak 0.2 gr, kolesterol 0.0 mg, vitamin (A, B1, B2, B6 dan C) antara 0.0 mg hingga 2.8 mg serta potassium 187.0 mg dan kandungan air 92.5 gr, ternyata membuat terong bisa dkonsumsi untuk memelihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stres, karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu, bisa mengendurkan urat-urat saraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis.

Baca Juga:  Segudang Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan
loading...
loading...