Menguak 5 Fakta tentang Labu Kuning


Pertanianku — Labu kuning atau dalam bahasa Inggris disebut pumpkin merupakan tanaman yang sangat populer hampir di seluruh dunia. Terutama pada saat perayaan Halloween. Selain sebagai maskot utama dalam perayaan Halloween, ada beberapa fakta tentang labu kuning yang mengejutkan.

fakta tentang labu kuning
Foto: Pixabay

Apa sajakah itu? Berikut ini ulasan mengenai fakta-fakta tentang labu kuning yang akan mengejutkan Anda.

  1. Apakah termasuk sayur atau buah?

Sering kali terjadi perdebatan apakah pumpkin atau labu kuning termasuk buah atau sayur? Nah, jika Anda juga bertanya-tanya apakah labu itu buah atau sayur, jawabannya adalah buah. Labu termasuk dalam famili squash (labu-labuan) dan famili cucurbita (timun-timunan). Jadi, mentimun juga termasuk dalam kelompok ini.

  1. Orang Yunani memberinya nama pepon

Penamaan untuk buah ini dimulai dari orang Yunani, dengan memberi nama pepon yang mempunyai arti “melon besar”. Namun diubah oleh orang Prancis, kemudian Inggris dan akhirnya oleh koloni Amerika, yaitu pumpkin yang Anda kenal saat ini.

  1. Asli daratan Amerika dan dibudidayakan oleh orang Indian selama 5000 tahun

Antartika adalah satu-satunya benua yang tidak bisa menumbuhkan buah labu ini. Namun di Alaska, meskipun daerah ini memiliki cuaca dingin, buah labu berhasil tumbuh dengan baik.

Labu merupakan tanaman asli daratan Amerika yang telah dibudidayakan oleh suku Indian Amerika selama 5000 tahun lamanya, dan menjadi satu sumber makanan dari suku ini. Lalu, saat koloni Amerika datang ke dataran Amerika, buah ini diambil dan disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia dan diberi nama sendiri oleh koloni Amerika.

  1. Buah labu mengandung banyak vitamin dan rendah lemak

Labu merupakan makanan yang banyak mengandung serat, vitamin A dan B, zat besi, protein dan potasium serta rendah lemak. Di Indonesia, buah ini juga diolah menjadi makanan yang enak dan lezat. Contohnya, diolah menjadi bubur dan kolak.

  1. Biji labu dapat dimakan dan bergizi
Baca Juga:  Tips Rahasia Merawat Cabai di Musim Hujan

Bukan hanya daging dari buah labu yang dapat dikonsumsi, melainkan bijinya juga. Biji dari labu banyak mengandung gizi. Di antaranya asam lemak omega-3, fitokimia, seng, kalsium, dan zat besi. Biasanya biji labu diolah menjadi kuaci yang merupakan camilan sehat dan bergizi.