Mengulik Beragam Manfaat Jerami Padi

Pertanianku Jerami padi yang dihasilkan dari proses panen masih sering terbuang begitu saja menjadi limbah. Hanya sebagian kecil jerami padi, sekitar 10 persen, yang digunakan sebagai pakan ternak dan dikembalikan ke sawah sebagai pupuk, padahal ada banyak manfaat jerami bagi tanaman dan tanah. Berikut ini beberapa manfaat jerami yang perlu Anda ketahui.

jerami padi
foto: Pixabay

Sebagai mulsa

Anda bisa memanfaatkan jerami padi sebagai mulsa karena jerami dapat menekan gulma  apabila digunakan pada musim kemarau. Mulsa jerami bisa Anda manfaatkan untuk menanam semangka, mentimun, kacang-kacangan, cabai, dan sebagainya. Mulsa jerami juga bisa Anda gunakan untuk tanaman perkebunan, seperti cengkih, vanili, kopi, dan tembakau.

Mulsa jerami juga berfungsi untuk menghalang terpaan sinar matahari secara langsung dan mempertahankan air di dalam tanah.

Kompos jerami

Kompos jerami cukup mudah dibuat. Kompos ini mengandung unsur NPK yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan produktivitas.

Pakan ternak

Jerami sudah menjadi campuran pakan ternak di berbagai daerah. Umumnya, jerami diolah melalui dua cara, yaitu dikeringkan menjadi hay dan disimpan dalam keadaan basah menjadi silase. Pakan jerami biasanya diberikan pada musim kemarau ketika sumber pakan hijauan sangat minim. Adanya pakan jerami, peternak tidak perlu merasa khawatir dengan ketersediaan pakan sehingga aktivitas peternakan tidak terhambat.

Media tanam

Jerami bisa difungsikan sebagai media tanam untuk menanam ubi jalar yang menghasilkan umbi besar. Media jerami dibuat menjadi bedengan selebar 60—120 cm dan panjang yang disesuaikan dengan kondisi lahan. Setelah itu, timbun bedengan dengan tanah setebal 5 cm yang diambil dari sela-sela bedengan.

Atap kandang

Jerami juga bisa Anda fungsikan sebagai atap kandang sapi atau kerbau yang dibangun di tengah sawah. Penggunaan jerami dapat menghemat biaya pembuatan kandang dan bisa bertahan selama 2—3 tahun jika dipelihara dengan baik.

Baca Juga:  Lima Provinsi dan Kabupaten Mendapatkan Penghargaan Produktivitas Padi Tertinggi

Media tanam budidaya jamur merang

Jerami dapat dimanfaatkan sebagai media tanam jamur merang. Permintaan jamur merang di Pulau Jawa terbilang cukup tinggi.