Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan


Pertanianku — Manfaat mahkota dewa sangat terkenal bahkan sampai ke penujuru dunia. Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai aturan, herbal ini juga bisa memberikan dampak buruk. Sebelum mengonsumsinya, Anda harus tahu terlebuh dahulu efek samping mahkota dewa bagi kesehatan.

efek samping mahkota dewa
Google Image

Tahukah Anda? Ternyata dalam biji buah mahkota dewa terdapat toksin atau racun yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Widowati, dokter dari Puslitbang Farmasi dan Obat Tradisional, Departeman Kesehatan mengatakan, biji mahkota dewa bersifat sangat toksin (racun). Sementara buahnya tidak mengandung toksin dan aman untuk dikonsumsi.

Berikut ini efek samping yang ditimbulkan mahkota dewa jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan atau tidak sesuai aturan.

Mahkota dewa dapat menyebabkan keracunan

Seseorang yang mengalami keracunan gejalanya dapat diketahui setelah orang tersebut mengonsumsi buah mahkota dewa. Lidahnya akan mati rasa, kaku, dan tubuh mengalami gejala demam seketika.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi buah ini tanpa memakan bijinya. Namun jika Anda lupa atau tidak sengaja memakan biji buahnya, maka Anda harus konsumsi air putih sebanyak-banyaknya dan periksakan segera pergi ke dokter.

Mahkota dewa dapat menyebabkan sakit kepala

Meskipun buah mahkota dewa dapat dikonsumsi dan baik bagi kesehatan, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi buah ini secara berlebihan atau terlalu sering. Sebab, jika dikonsumsi terlalu sering dan dengan dosis yang tinggi, maka dapat mengakibatkan sakit kepala yang kronis.

Bahaya mahkota dewa bagi ibu hamil

Ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi buah ini. Sebab, buah mahkota dewa memiliki kandungan oksitosin dan sintosinon yang dapat membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Dan, tahukah Anda? Kedua zat tersebut berfungsi untuk merangsang kontraksi rahim pada saat proses kelahiran. Dengan demikian, jika usia kandungan masih muda, maka hal ini dapat memengaruhi kesehatan janin bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti
loading...
loading...