Mengulik Fakta Seputar Telur yang Wajib Diketahui


Pertanianku – Makanan yang satu ini bisa dikatakan sebagai makanan favorit banyak orang. Hal ini karena telur mudah diolah, mulai dari telur ayam hingga telur bebek. Bahkan, beberapa orang akan mengonsumsinya setiap hari.

Foto: pixabay

Namun, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang telur sebelum mengonsumsinya. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui dari telur.

Sumber nutrisi

Telur adalah sumber nutrisi terbaik yang dapat dicerna sempurna (tidak meninggalkan sisa) dan dapat dipakai oleh tubuh secara optimal.

Tidak meningkatkan kadar kolesterol

Telur sama sekali tidak menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh karena pencernaan yang sempurna, meski jika diperiksa di laboratorium kimia, kadar kolesterolnya tinggi. Ini yang sering disalahartikan seolah telur membuat kolesterol naik.

Harvard School of Public Health menemukan, makan telur tidak ada kaitannya dengan angka serangan jantung. Dua butir telur tiap hari tidak terbukti menyebabkan kenaikan kadar kolesterol.

Bahkan, terdapat fakta bahwa makan telur secara teratur mencegah kekentalan darah, mencegah stroke, dan serangan jantung. Sebutir telur mengandung jumlah lemak dalam perbandingan yang tepat, dari total 5 gram lemak hanya 1,5 gram yang dari lemak jenuh.

Rendah kalori

Jumlah kalori (energi) telur termasuk rendah, tapi memberi rasa kenyang sehingga dipakai dalam diet pembatasan kalori untuk melawan kegemukan.

Berprotein tinggi

Kualitas protein telur sangat tinggi, memiliki daya retensi nitrogen yang tinggi sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan pasca-operasi dan trauma. Protein telur berisi keseluruhan sembilan asam amino esensial.

Baca Juga:  Terbukti! Khasiat Jamu Kunyit untuk Pengantin Wanita
loading...
loading...