Mengulik Peluang dan Tantangan Agribisnis di 2022

Pertanianku — Tren agribisnis terus mengalami perubahan setiap tahunnya mengikuti kondisi dan perkembangan teknologi. Banyak komoditas lama yang semula dianggap biasa saja, tetapi setelah diterapkan pengolahan produk kreatif, permintaan komoditas tersebut meningkat. Kondisi ini menyebabkan peluang-peluang baru atau justru peluang lama yang masih belum dimanfaatkan secara maksimal bermunculan.

agribisnis
foto: Pertanianku

Salah satu komoditas agribisnis yang kembali naik adalah talas beneng. Belakangan, komoditas ini mulai terangkat kembali karena diketahui banyak permintaan baru. Padahal, pada zaman dahulu, beneng merupakan bahan pangan yang tidak bernilai ekonomi.

Tak hanya tren peluang yang terus berkembang tiap tahunnya, tantangan dalam sektor agribisnis juga mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Peluang dan tantangan menjadi hal penting yang perlu diketahui oleh pelaku usaha di bidang agribisnis. Kedua hal ini dapat menjadi panduan pelaku bisnis dalam menentukan kebijakan usahanya.

Untuk menjawab pertanyaan seputar tren agribisnis 2022, Trubus Expo menghadirkan talkshow yang bertajuk 2022: Peluang dan Tantangan Agribisnis. Talkshow ini digelar pada Rabu, 26 Januari 2022 pukul 09:00–10:45 WIB dan diselenggarakan secara daring pada website www.trubusexpo.com.

Trubus Expo

Talkshow ini akan mengupas beragam komoditas yang diprediksi akan menjadi tren di 2022. Ada banyak sisi yang dibahas, mulai dari segi peluang hingga tantangan setiap komoditas.

Acara ini akan dimoderatori oleh Pemimpin Redaksi Majalah Trubus, Sardi Duryatmo.  Talkshow 2022: Peluang dan Tantangan Agribisnis menghadirkan 5 narasumber yang berasal dari beragam latar belakang. Mulai dari produsen, akademisi atau pengamat bisnis, pasar atau bisnis, hingga instansi pemerintahan. Para narasumber akan memaparkan tren agribisnis 2022 dari sudut pandang mereka.

Kelima narasumber tersebut adalah Founder Julie Mango, Juliana; Dosen Senior Sekolah Bisnis dan Program Pascasarjana Manajemen Bisnis IPB, Arief Darjanto; Bisnis Development Manager PT Laris Manis Utama, Vendi T. Suseno; Founder Javara, Helianti Hilman; dan Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto.

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Membuat Pisang Awet Selama 23 Hari

Kuota peserta untuk acara yang diselenggarakan secara gratis ini terbatas. Peserta bisa mendapatkan tiket talkshow dengan mendaftarkan diri di Trubus Expo.