Mengulik Soal Sayur Bayam yang Jadi Sumber Kekuatan Popeye

Pertanianku Sayur bayam merupakan salah satu sayuran daun yang sangat dikenal masyarakat karena rasanya yang enak dan kandungan gizinya yang banyak. Mengulik soal sayur bayam, diyakini bahwa sayuran ini berasal dari Persia di mana pada abad ke-12 dibawa oleh para pedagang dan menyebar ke seluruh Eropa.

Sayur bayam
Foto: Google Image

Bayam termasuk chenopodiaceae (juga dikenal sebagai goosefoot), sebuah pembangkit nutrisi termasuk bit, chard, dan quinoa. Ada tiga jenis bayam yang tersedia secara umum di antaranya savoy, semi-savoy, dan daun halus. Ada banyak pengetahuan mengenai bayam dan yang paling terkenal sebagai sumber kekuatan Popeye, tokoh kartun si pelaut.

Ketika dihadapkan dengan masalah, pelaut itu akan membuka sekotak bayam. Setelah dikonsumsi, ototnya akan membesar dan kekuatan barunya akan mengalahkan musuhnya. Meskipun banyak kandungan manfaat dihasilkan oleh bayam, penilaian bayam memberikan kekuatan, cukup kuat karena film kartun Popeye.

Jo Lewin, ahli gizi asosiasi mengatakan, warna hijau tua dari daun bayam menunjukkan bahwa mereka mengandung klorofil tingkat tinggi. “Bayam juga mengandung karotenoid yang meningkatkan kesehatan (beta karoten, lutein dan zeaxanthin),” tutur dia seperti dilansir bbcgoodfood.

Lewin yang juga ahli gizi masyarakat dan konsultan swasta tersebut menambahkan, bahwa bahan kimia phyto tersebut memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker serta sangat penting untuk kesehatan mata, membantu mencegah degenerasi makula, dan katarak.

Bayam memiliki kadar zat besi yang baik, tetapi tidak sebanyak yang diyakini semula sehingga peneliti menempatkan titik desimal di tempat yang salah. Penting untuk dicatat bahwa ada dua bentuk zat besi, yaitu zat besi ‘hem’ dan zat besi ‘nonhem’.

Besi hem ditemukan dalam produk hewani dan merupakan bentuk besi yang paling efisien diserap. Zat besi nonhem ditemukan dalam makanan nabati (seperti bayam) dan sedikit lebih sulit untuk diserap tubuh dibandingkan produk hewani.

Baca Juga:  Pupuk Hijau dari Daun Gamal, Membuat Tanaman Langsung Subur

Zat besi bermanfaat sebagai zat peningkat sistem kekebalan tubuh pada manusia. Memenuhi kebutuhan akan zat besi nantinya akan membantu untuk mencegah risiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, juga membantu fungsi otot dalam tubuh agar lebih sempurna serta untuk membuang radikal bebas dalam otot.

Bagi vegetarian, mereka yang mengalami anemia kekurangan zat besi dan mereka yang hamil didorong untuk memasukkan sayuran berdaun hijau seperti bayam sebagai bagian dari diet seimbang.


loading...