Mengungkap Fakta Unik Bunga Anggrek

Pertanianku — Bunga anggrek adalah keluarga tanaman berbunga yang tersebar luas  di dunia dan sangat beragam. Saking banyaknya, terdapat beberapa fakta unik bunga anggrek yang mungkin belum kita ketahui. Berikut ini beberapa fakta unik bunga anggrek.

fakta unik bunga anggrek
Foto: Shutterstock

1. Bunga tertua di dunia

Para ilmuwan menemukan fosil serbuk sari anggrek di belakang lebah. Serbuk sari dari anggrek kuno ditemukan di bagian belakang lebah terbungkus dalam damar, seperti yang dijelaskan dalam sebuah penelitian di jurnal Nature pada 2007.

Loading...

Fosil tersebut berasal dari sekitar 10 juta atau 15 juta tahun yang lalu, tapi banyak ilmuwan menduga bahwa keluarga anggrek jauh lebih tua. Beberapa penelitian menemukan beberapa jenis anggrek hidup sekitar 120 juta tahun yang lalu, sebelum benua terbelah menjadi bentuk seperti saat ini.

2. Memiliki varietas terbanyak di dunia

Anggrek tersebar lebih dari 27.000 spesies dan dipastikan masih banyak spesies lainnya yang bisa ditemukan setiap harinya. Para ilmuwan menduga bahwa ada lebih banyak spesies di daerah topikal dunia, dan horticulturalists bunga berhibridisasi untuk membuat spesies baru yang tidak ada di alam, dan menghasilkan beberapa varietas yang paling populer dari jenis tanaman yang ada.

3. Memiliki bentuk simetri yang mirip dengan wajah manusia

Miranda, ilmuwan bunga anggrek berpikir bahwa simetri bunga bisa memiliki banyak hubungannya dengan orang yang begitu menyukai anggrek. Anggrek memiliki bentuk simetri bilateral (seperti wajah manusia). Jika ditarik garis vertikal di tengah bunga, terdapat dua bagian yang merupakan bayangan cermin satu sama lain.

Anggrek peloric adalah spesies anggrek yang berusaha untuk menjadi lebih simetris, biasanya karena kerusakan genetik. Tapi hasilnya bisa indah, contohnya pada Phalaenopsis peloric equestris.

4. Bunga yang ahli menipu

Baca Juga:  Budidaya Hortensia si Bunga Banyak Warna

Anggrek menipu serangga ke dalam penyerbukan mereka. Bagian reproduksi dari banyak bunga anggrek yang memiliki bentuk dan unik terlihat seperti jenis serangga tersebut. Setelah serangga tertarik, serbuk sari anggrek menempel pada serangga dan tidak menyadarinya.

Salah satu jenis yang paling menarik dari anggrek adalah Ophrys scolopax atau anggrek lebah. Ditemukan di daerah sekitar Mediterania, anggrek ini telah mengembangkan cara yang unik untuk memastikan penyerbukan.

Anggrek ini memiliki tiga pedal berwarna-warni, juga memiliki bentuk yang terlihat seperti lebah betina. Selain itu, pedal anggrek yang menghasilkan bau yang meniru yang dari lebah betina. Semua ini terjadi untuk menarik perhatian lebah jantan agar mengambil serbuk sari.

5. Memiliki tanda misterius

Banyak jenis anggrek memiliki pola tertentu, namun beberapa dengan tanpa tujuan yang jelas. Ini seperti yang terlihat pada anggrek Phalaenopsis hieroglyphica yang menyerupai bahasa Mesir kuno. Kemudian jenis Cochleanthes amazonica yang memiliki pola sederhana, tetapi dengan tujuan yang sangat spesifik, yaitu untuk menunjukan penyerbuk ke mana harus pergi. Coba perhatikan garis-garis ini indah ungu seolah berperan sebagai jalur pendaratan untuk serangga.

Loading...
Loading...