Mengungkap Khasiat di Balik Pahitnya Daun Pepaya

Pertanianku — Daun pepaya sudah terkenal sebagai daun yang memiliki banyak khasiat dan bisa diolah menjadi sayuran. Namun, tidak semua orang bisa memasak daun pepaya dengan lezat, penanganan yang kurang tepat malah akan membuat rasa pahit dari daun ini keluar. Itu sebabnya banyak yang kurang menyukai daun buah ini. Namun, di balik rasanya yang pahit, banyak orang yang sudah mengetahui khasiat daun pepaya dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit.

khasiat daun pepaya
foto: Pixabay

Kandungan daun pepaya

Khasiat yang dimiliki oleh daun pepaya tidak lepas dari peran zat-zat yang berada di dalamnya. Zat di dalam daun yang dipercaya dapat melawan sel kanker adalah sitokinin. Zat tersebut juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Zat lain yang terkandung di dalamnya dan mampu berfungsi untuk menghambat perkembangan virus adalah carpaine, flavonoid, papain, saponin, violaksantin, tannin, dan caricaksantin.

Daun pepaya juga mengandung enzim seperti papain, nikotin, miosmin, pseudokarpin, kontinin, dan karpain. Kombinasi zat-zat yang terkandung di dalam daun dapat melemahkan dan membunuh virus DBD karena jumlah trombosit di dalam darah meningkat.

Manfaat daun pepaya bagi wanita

Daun pepaya bermanfaat bagi wanita sebagai sumber vitamin dan mineral. Menurut beberapa penelitian, perasan daun pepaya yang dihaluskan, kemudian direbus dan diminum dapat menyembuhkan berbagai gangguan kewanitaan, misalnya keputihan, demam akibat nifas, haid tidak teratur, dan melancarkan ASI.

Khasiat daun pepaya untuk menumpas penyakit

Berbagai riset telah menunjukkan kandungan di dalam daun pepaya dapat melawan sel kanker, menghambat perkembangan virus DBD, mengobati jerawat, melancarkan pencernaan, dan menambah nafsu makan meski rasanya pahit.

Peneliti dari Universitas Florida telah melakukan riset terhadap daun ajaib ini. Riset tersebut menunjukkan daun pepaya dapat melawan berbagai sel kanker di dalam tubuh seperti kanker payudara, serviks, hati, paru-paru, dan pankreas. Keunggulan lain dari daun pepaya dalam melawan sel kanker adalah tidak bersifat toksik terhadap sel tubuh yang normal. Itu sebabnya daun ini aman untuk tubuh.

Baca Juga:  Hama dan Penyakit Tanaman Pisang yang Meresahkan