Mengungkap Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh

PertaniankuJamur kuping termasuk jamur konsumsi yang disenangi masyarakat. Jamur ini akan mengerut setelah dikeringkan dan bisa Anda simpan dalam jangka waktu yang lama. Jenis jamur ini dapat dibuat menjadi berbagai olahan makanan, mulai dari camilan kering yang renyah hingga ditumis menjadi sayuran. Warnanya yang gelap dapat membuat penampilan masakan lebih menarik, apalagi ditambah dengan teksturnya yang kenyal.

 jamur kuping
foto: Pertanianku

Selain lezat untuk diolah menjadi makanan, ternyata jamur kuping juga menyimpan berbagai khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat jamur kuping untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Lendir jamur kuping

Lendir yang dihasilkan jamur selama dimasak dapat dijadikan pengental. Bahkan, lendir jamur ini dapat menonaktifkan atau menetralkan kolesterol. Jamur kuping yang mempunyai bentuk tubuh buah kecil (sering disebut jamur kuping tikus) digemari konsumen karena warnanya lebih muda dan rasanya lebih gurih.

Mengobati kanker

Jamur dapat digunakan untuk mengobati penyakit seperti menghambat pertumbuhan karsinoma dan sarkoma (kanker) sampai 80–90 persen. Hal itu karena adanya kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping yang efektif. Selain itu, jamur ini berfungsi untuk menghambat penggumpalan darah.

Darah tinggi

Jamur ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi atau pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan darah. Jadi, selain dikonsumsi sebagai makanan, ternyata jenis jamur ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Menurunkan kolesterol

Jamur kuping hitam dapat digunakan sebagai antikoagulan, penurun kolesterol serta trigliserida ternyata secara emperis dapat menolong orang yang mengalami aterosklerosis.

Pengencer darah

Masyarakat Cina sudah sejak dahulu menggunakan jamur ini sebagai obat pengencer darah atau antikoagulan, yakni mencegah pengentalan darah. Namun, di sisi lain jamur juga dapat berfungsi sebagai antihaemorhagi atau menghentikan pendarahan.

Mengolah jamur menjadi ramuan herbal

Siapkan 10 gram jamur kuping hitam ditambah 3 iris jahe dan 3 butir bawang putih. Disarankan untuk menambah daging yang bebas lemak sebanyak 40 gram dan sedikit garam. Rebus semua bahan tersebut dengan 6 mangkuk air, lalu biarkan mendidih hingga tersisa 2 mangkuk. Air hasil rebusan diminum setiap hari, pada pagi dan sore.