Mengupas Kandungan Gizi Rumput Laut


Pertanianku – Memiliki tubuh yang sehat dan prima adalah keinginan setiap manusia. Untuk menjaga kesehatan, biasanya seseorang akan mengonsumsi makanan bergizi, sering melakukan olahraga, dan menghindari stres.

Salah satu makanan yang ternyata memiliki kandungan gizi begitu melimpah adalah rumput laut. Makanan satu ini jarang kita konsumsi. Namun, mengingat manfaatnya yang luar biasa tidak ada salahnya untuk sering mengonsumsi rumput laut.

Rumput laut biasanya diolah menjadi makanan ringan, tambahan pada minuman, dan bahkan beberapa orang membuatnya menjadi sup rumput laut. Untuk mengetahui kandungan gizi rumput laut, berikut penjelasannya untuk Anda sebagaimana melansir Boldsky.

Membantu sistem pencernaan

Menambahkan rumput laut dapat membantu menghilangkan masalah yang berhubungan dengan pencernaan. Jadi, penyakit kronis yang berhubungan dengan pencernaan dapat dicegah dengan mengonsumsi rumput laut setiap hari.

Vitamin dan mineral

Rumput laut padat gizi dibanding sayuran lainnya. Rumput laut adalah sumber mikronutrien seperti folat, kalisum, magnesium, seng, besi dan selenium. Selain itu, rumput laut juga merupakan sumber yodium.

Asam lemak omega-3 DHA dan EPA

Rumput laut berisi asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA. Rumput laut dapat menjadi sumber terpercaya dari omega-3 bagi Anda yang vegetarian. Hal ini membuat manfaat kesehatan dari rumput laut tidak perlu diragukan lagi.

Anti-oksidan

Rumput laut kaya akan anti-oksidan sehingga baik dikonsumsi. Hal ini akan membantu melindungi terhadap stres oksidatif dan mencegah penyakit kronis seperti kanker dan masalah pencernaan.

Serat dan prebiotik

Rumput laut mengandung karbohidrat unik seperti karagenan, fucan, galactan, dan banyak lagi. Apa yang Anda makan terlalu memengaruhi bakteri yang mendominasi usus.

Itulah beberapa kandungan gizi rumput laut. Sangat melimpah bukan?! Setelah ini, jangan lupa, Anda harus memasukkan rumput laut di menu harian ya!

Baca Juga:  Begini Cara Ajak Petani Keluar dari On Farm Menuju Off Farm
loading...
loading...