Mengupas Manfaat Teri Bagi Kesehatan Gigi

Pertanianku — Sering diolah menjadi ikan asin, ikan teri rupanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan gigi. Ikan teri yang berukuran mungil ini memiliki rasa gurih dan asin yang digemari. Olahan ikan teri banyak ditemukan dalam berbagai masakan dan camilan.

ikan asin
Foto: pixabay

Jika Anda salah satu penggemar teri, Anda patut berbangga. Dikutip dari suara.com, menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, drg. Hananto Seno, Sp.B.M, M.M., ikan teri memiliki kandungan mineral yang tinggi.

“Kalsium dan flouride sendiri sebenarnya ada di dalam pasta gigi. Tapi asupan dari dalam juga harus diperhatikan sehingga bisa memberikan manfaat menyeluruh,” ujar Hananto pada jumpa pers Peringatan Hari Kesehatan Gigi Sedunia yang diadakan di SD Negeri 01 Tebet Timur Pagi.

Loading...

Mineral kalsium dan flouride sudah lama dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Dalam 100 gram ikan teri mengandung kurang lebih 232 miligram kalsium. Kandungan kalsium yang tinggi tentu saja baik bagi kekuatan tulang dan gigi.

Tak hanya kalsium, ikan teri juga banyak mengandung nutrisi lainnya. Ikan yang tergabung dalam genus Engraulis ini juga mengandung vitamin K, magnesium, dan fosfor. Ketiga nutrisi ini juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk gigi.

Jika dikonsumsi dalam jumlah mencukupi, tidak hanya gigi yang akan terlihat indah dan kuat. Teri sebagai sumber kalsium juga dapat mencegah seseorang terserang osteoporosis pada usia dini.

Keunggulan teri tak hanya pada kandungan kalsiumnya. Ikan teri, baik yang masih segar maupun yang sudah diasinkan, memiliki kandungan protein yang tinggi. Tiap 100 gram ikan teri mengandung kurang lebih 16 gram protein.

Ikan teri merupakan ikan dengan kadar merkuri yang rendah. Merkuri merupakan zat beracun yang terkonsumsi oleh sebagian besar ikan air laut. Keracunan merkuri dapat menyebabkan keracunan hingga mengakibatkan kerusakan saraf. Merkuri akan memberikan dampak yang lebih buruk lagi jika dikonsumsi anak-anak.

Baca Juga:  Tips Membuat Masker Lidah Buaya

Jadi, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi ikan teri.

Loading...
Loading...