Menikmati Buah Lebih Baik Memakannya Langsung atau Mengolahnya Menjadi Jus?


Pertanianku – Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit, manusia memang dianjurkan mengonsumsi buah setiap hari secara rutin. Pasalnya, buah-buahan mengandung serat yang cukup tinggi. Serat inilah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Banyak pilihan yang bisa dilakukan ketika mengonsumsi buah-buahan. Sebagian orang memilih memakan secara langsung dalam keadaan segar. Sebagian lainnya lebih memilih untuk mengolahnya menjadi jus. Namun, ada juga yang memilih mengonsumsi buah kering.

Disampaikan dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A (K) dari Rumah Sakit Evasari, setiap cara mengonsumsi buah memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Buah potong, kata dr. Frieda, memiliki kandungan serat yang masih utuh hingga masuk ke dalam tubuh. Cara mengonsumsinya yang dengan cara digigit menstimulasi produksi enzim selulase yang akan mencerna selulosa.

“Kalau buah diblender juga akan mengeluarkan selulosa dan enzim tanpa harus mengunyah. Keuntungannya kita bisa mengonsumsi lebih banyak serat,” kata dr. Frieda.

Sementara itu, buah yang diolah dalam bentuk jus biasanya akan disaring sehingga serat tidak larut dalam air akan terbuang. Namun, kandungan vitamin dan mineralnya masih terkandung di dalamnya.

“Jadi tergantung kebutuhannya apa. Kalau memang mengonsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan serat, ya sebaiknya dikunyah langsung atau diblender, bukan dijus. Kalau memang malas ngunyah, ya bisa dijus atau diblender kasar saja,” tutur sang dokter.

Baca Juga:  Trik Merangsang Pembungaan Tanaman dengan Pelukaan
loading...
loading...