Menikmati Burger yang Dibuat Robot


Pertanianku – Makanan cepat saji yang satu ini sangat disukai oleh masyarakat di hampir seluruh dunia. Rasanya yang lezat dan mengenyangkan terlebih lagi disajikan secara cepat membuatnya selalu dicintai.

Seperti yang kita tahu, pembuatan burger sendiri pasti dilakukan oleh orang. Namun, kini membuat burger tak lagi menggunakan manusia, bagaimana bisa? Tentu saja bisa dengan bantuan robot.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Miso Robotics, resmi memperkenalkan bentuk final dari Flippy, robot yang mampu memasak burger.

Flippy diluncurkan dalam ajang Disrupt 2017 yang diselenggarakan di San Fransisco pada 18—20 September lalu.

Untuk pertama kalinya, Flippy memperlihatkan kemampuan memasaknya sendiri, setelah selama beberapa bulan, Miso Robotics hanya mengenalkannya sebagai asisten memasak di dapur.

Robot tersebut dilengkapi dengan sebuah lengan robot industrial, sama seperti pada awal pengenalannya. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada spatula yang dapat berputar.

Sebelumnya robot ini hanya memiliki fungsi untuk menggenggam. Namun, berkat artificial intelligence (AI) yang tertanam di dalamnya, robot Flippy mampu membedakan keju, roti, dan juga daging yang telah matang ataupun yang masih mentah.

Seperti dilansir DailyMail, robot canggih ini sendiri akan memulai debutnya di outlet CaliBurger, restoran cepat saji yang berasal dari Pasadena, California. Perusahaan ini juga merupakan salah satu investor dari startup teknologi tersebut.

CEO Miso Robotics, David Zito, juga menyebut CaliBurger memiliki peranan dalam menginspirasi Flippy untuk kemampuan membalik daging burger.

Harga yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan robot yang bisa memaksak ini sangatlah mahal. Flippy dijual dengan harga sekitar USD 60 ribu atau setara Rp800 juta. Harga yang cukup mahal ‘kan hanya untuk membeli robot canggih untuk memasak.

Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik

Bahkan, ke depannya harga Flippy kemungkinan akan naik dengan penambahan sejumlah fitur baru seperti AI yang mampu beradaptasi terhadap perubahan menu.

Meski begitu CaliBurger berencana melakukan pre-order Flippy untuk memenuhi kebutuhan mereka di 50 restoran miliknya mulai 2018 mendatang.

Akankah, robot Flippy laku keras di pasaran?

loading...
loading...