Menilik Data Lengkap Genetik Wortel


Pertanianku – Wortel yang kita ketahui memiliki warna oranye, tapi sebenarnya warna asli wortel adalah putih. Bagaimana bisa ya wortel yang sering kita konsumsi selama ini ternyata memiliki warn asli putih?

Foto: pixabay

Para ilmuwan telah menemukan bahwa faktor genetik telah mengubah wortel putih menjadi wortel yang berwarna oranye.

Temuan ini bisa membantu meningkatkan kandungan betakaroten dalam wortel, serta kualitas gizi berbagai tanaman lain, termasuk selada dan seledri.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Nature Genetics, asal muasal evolusi sayuran tersebut, warna oranye khasnya, dan nilai gizi yang dikandungnya belum bisa diketahui.

Meskipun masih ada informasi yang belum terungkap, analisis itu merupakan salah satu analisis paling komprehensif dari gen sayuran yang ada. Bahkan, para ilmuwan telah mengidentifikasi lebih dari 32.000 gen wortel oranye, termasuk sepertiga gen yang tergolong unik.

Mereka kemudian mengurutkan genom 35 spesimen dan subspesies wortel yang berbeda, baik liar maupun hasil budidaya, dalam upaya untuk memahami bagaimana wortel berkembang menjadi spesies seperti sekarang ini.

Menurut Profesor Philipp Simon dari Universitas Wisconsin-Madison, selain membantu para ilmuwan mengembangkan wortel dengan nilai gizi dan sifat-sifat lain yang lebih baik, urutan genom wortel bisa memberikan wawasan terhadap urutan genom tanaman lainnya.

Baca Juga:  Yuk, Simak Jenis Sayuran yang Meningkatkan Berat Badan
loading...
loading...