Menilik Dua Hewan Endemik Cina yang Gegerkan Tanah Air


Pertanianku – Belum lama ini Taman Safari Indonesia mengumumkan ke publik bahwa pihaknya akan menjemput sepasang panda dari Cina. Hal ini sontak membuat banyak masyarakat Indonesia antusias menyambut kedatangan panda dari negeri tirai bambu tersebut.

Foto: pixabay

Indonesia mendapatkan pinjaman sepasang panda raksasa dari Cina. Kedua panda bernama Cai Tao dan Hu Chung itu tiba di Indonesia setelah diterbangkan dari Wolong Giant Panda Reserve (Wolong Panda Base) bagian dari Wolong National Nature Reserve, Cina.

Wolong National Nature Reserve yang terletak di Wenchuan, Provinsi Sinchuan, dikenal sebagai Kerajaan Panda. Seperti dikutip dari Chinadicovery, hal ini karena 60 persen total panda di dunia berada di taman nasional ini.

Adapun Wolong Giant Panda Reserve yang mempunyai luas 150 hektare merupakan pusat pengembangbiakan terbesar untuk panda raksasa.

Menurut Humas Wolong Giant Panda Reserve Wendy Wang, saat ini jumlah panda yang berada di fasilitas yang pernah rusak akibat gempa 2008 ini, mencapai 30 ekor panda.

“Mereka ada di area breeding yang tertutup untuk umum dan panda yang bisa dilihat oleh publik,” terangnya di Wolong, seperti diberitakan Kompas.

Cai Tao dan Hu Chung yang dipinjamkan ke Indonesia selama 10 tahun dalam program breeding loan dikarantina di fasilitas ini lebih dari sebulan lalu.

Wolong Panda Base sendiri berada di wilayah Pegunungan Qionglai berjarak sekitar 120 km dari Chengdu, ibukota Provinsi Sinchuan, Cina.

Bila Anda tertarik melihat kelucuan aksi-aksi panda ini, Anda bisa terbang ke Bandara Internasional Shuangliu, Chengdu. Dari Chengdu, Wolong bisa ditempuh selama 2 jam dengan mengendarai mobil.

Jalan menuju Wolong lumayan mulus, dihiasi terowongan-terowongan panjang menembus perut bumi. Panda Wolong Base berada di jalan 303 Provincial. Lokasi tempat konservasi sekaligus edukasi ini berada sekitar 1.600 meter dari jalan utama.

Baca Juga:  Tim Ilmuwan AS–Indonesia Temukan Spesies Baru Bunga Rafflesia di Bengkulu

Untuk masuk ke tempat yang juga disebut China Giant Panda Park ini Anda harus membeli tiket di Visitor Center seharga 90 yuan (sekitar Rp180.000) per orang. Visitor Center sendiri merupakan bangunan dengan ruangan terbuka yang lumayan besar. Selain tempat penjualan tiket, terdapat juga restoran, toko suvenir, dan toilet.

Ketika sampai di lokasi, Anda masih harus berjalan sekitar 1.400 meter dengan kondisi jalan menanjak. Anda juga bisa naik mobil shuttle dengan tarif 20 yuan per orang. Mobil ini akan mengantarkan Anda ke area drop off di bawah lokasi kandang-kandang panda.

Shuttle akan menunggu di area drop off sampai Anda selesai berkeliling dan membawa rombongan Anda kembali ke Visitor Center.

loading...
loading...