Menilik Ikan Kembung, si Ikan Pelagis Kecil

Pertanianku Ikan kembung adalah ikan yang sudah banyak dikonsumsi di Indonesia. Ikan laut yang satu ini masih tergolong dalam ikan pelagis kecil. Ikan kembung termasuk marga Rastrelliger dan masih berkerabat dengan ikan tongkol, tuna, dan makarel.

Ikan kembung adalah
Foto: instagram ikansegardejuragan

Ikan kembung dikenal dengan banyak nama. Di Ambon, kembung dijuluki lema atau tatare. Dalam bahasa Makassar, ikan kembung disebut banyar atau banyara. Ikan kembung juga dikenal sebagai kembung banjar.

Jika diperhatikan, ikan kembung memiliki tubuh yang ramping memanjang dan pipih. Sisi dorsalnya gelap, berwarna biru kehijauan hingga kecokelatan. Ada satu hingga dua deret bintik gelap membujur di dekat pangkal sirip punggung. Sementara, sisik ventralnya berwarna keperakan.

Loading...

Sisik ikan kembung cenderung berukuran kecil dan seragam. Sirip punggung ikan kembung terdapat dalam dua berkas. Ada lima sirip kecil tambahan. Sirip ini juga terdapat di anal. Bagian ekor ikan kembung memiliki sepasang lunas ekor berukuran kecil di masing-masing sisi batang ekor.

Di bagian mata, terdapat ciri khusus. Ada pelupuk mata berlemak di bagian depan dan belakang mata ikan kembung.

Nilai jual ikan kembung termasuk golongan ekonomi menengah. Hal ini menyebabkan ikan kembung jadi salah satu tujuan utama nelayan lokal. Ikan kembung bisa dijual dalam bentuk segar ataupun diolah menjadi bentuk lain.

Olahan ikan kembung antara lain dijual sebagai ikan pindang dan ikan asin. Pengolahan ini bertujuan agar ikan menjadi awet dan tahan lebih lama. Selain untuk konsumsi, ikan kembung yang berukuran kecil juga digunakan untuk umpan ikan cakalang.

Di Indonesia sendiri, dikenal tiga jenis ikan kembung. Jenis pertama adalah Rastrelliger brachysoma atau kembung perempuan, Rastrelliger faughni atau ikan kembung biasa, dan Rastrelliger kanagurta atau kembung lelaki.

Baca Juga:  Pelajari Manajemen Agribisnis Gurami yang Tepat

Ikan kembung sendiri bisa dimasak menjadi beragam olahan. Beberapa di antaranya menjadi ikan kembung bumbu kuning, ikan kembung kuah, ikan kembung balado, dan sebagainya. Olahan ikan kembung sendiri sudah populer dan mudah dijumpai di Indonesia.

Jika tertarik membeli ikan kembung, Anda bisa mendapatkannya mulai dari pasar tradisional sampai supermarket. Ikan kembung mudah dijumpai karena mudah ditangkap dan diedarkan.

 

Loading...
Loading...