Trik Untuk Meningkatkan Produktivitas Kolam


Pertanianku   Kolam yang memenuhi syarat teknis dan sosial ekonomis belum tentu menjamin bahwa kolam tersebut akan menguntungkan. Oleh karena itu, para pemilik kolam harus menentukan usaha yang harus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kolam sehingga lebih menguntungkan. Hal-hal tersebut sebagai berikut.

  • Memilih jenis usaha

Pemilihan usaha yang tepat sangat menetukan keberhasilan suatu usaha. Dalam hal ini, kita harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada sehingga kelak diperoleh hasil yang optimal.

  • Memilih jenis ikan

Pemilihan jenis ikan disesuaikan dengan keadaan lokasi. Jika lokasi tidak sesuai untuk suatu komoditas, akan mengakibatkan usaha yang dilakukan justru merugi.

  • Pemupukan

Pemupukan umumnya dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kolam, baik dengan pupuk organik (pupuk kandang) maupun pupuk buatan (urea, TSP, dan NPK).

Keunggulan Bisnis Perikanan

  • Pengapuran

Pengapuran banyak dilakukan pada lahan yang pH-nya rendah (asam) untuk meningkatkan derajat keasamannya sehingga pertumbuhan plankton dan ikan menjadi optimal.

  • Pengolahan tanah

Pengolahan tanah kolam dilakukan dengan cara membentuk lumpur pada pelataran kolam, lalu membalikkannya agar tanah bisa ‘bernapas’ dan gas beracun bisa menguap.

  • Pemberantasan hama dan penyakit

Pemberantasan hama dan penyakit di dalam kolam bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari penggunaan pestisida, dituba, atau menebarkan biji tembakau.

  • Pemberian pakan tambahan

Untuk meningkatkan produktivitas kolam, umumnya para petani dan pengusaha ikan memberikan pakan tambahan berupa dedak, ampas tahu, bungkil kedelai, daun-daunan, sampah pasar, atau sampai pelet buatan pabrik. Masingmasing jenis pakan tambahan memiliki kelebihan dan kekurangan. Dedak misalnya, harganya mungkin lebih murah dibandingkan dengan pelet, tetapi kandungan proteinnya lebih sedikit. Untuk lele, mungkin bisa diberikan bangkai ayam dari peternakan ayam, tetapi hal tersebut akan menyebabkan pertumbuhan lele tidak merata dan mengakibatkan tingkat kanibalisme meningkat. Jadi, lebih baik penggunaan pelet lebih dianjurkan. Dengan pemberian pelet, panen bisa diprediksi, walaupun harus mengeluarkan biaya besar untuk membelinya.

  • Penambahan bahan penyubur
Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta

Selain segala upaya yang sudah dilakukan di atas, penambahan bahan penyubur ke dalam kolam juga menjadi alternatif untuk meningkatkan produktivitas kolam.

 

Sumber: Buku Aneka Kolam Ikan

loading...
loading...