Meningkatkan Produktivitas Ternak Ala Mahasiswa UGM di Pimnas 2016

Pertanianku – Institut Pertanian Bogor (IPB) Darmaga, Bogor menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) untuk yang kedua kalinya.

Meningkatkan Produktivitas Ternak Ala Mahasiswa UGM di Pimnas 2016

Satu dari sekian banyak produk karya ilmiah yang dibuat para mahasiswa dari seluruh Indonesia, mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) membuat produk karya ilmiah yang dipresentasikan dengan judul “Prolaktin: Probiotik Unggul sebagai Agen Penurun Toksisitas Aflatoksin pada Ayam Pedaging.”

Menurut mahasiswa UGM, pakan merupakan faktor sangat penting yang dadap menentukan keberhasilan usaha sebuah peternakan.

Cemaran senyawa toksik pada pakan dapat berakibat pada penurunan produksi ayam pedaging. Aflaktoksin adalah sebuah senyawa toksik yang sering ditemukan pada pakan ayam. Dari ujung kandang, peneliti membuat bahan tambahan makanan berupa pakan ayam. Senyawa tersebut bertujuan untuk mencegah penyerapan aflatoksin pada usus ayam dan mengelir bersama fases.

Produk karya mahasiswa UGM ini telah diuji pada 66 ekor ayam pedaging selama 35 hari. Lalu ayam tersebut diberi pakan yang telah dikontaminasi dengan aflatoksin.

Hasil penelitian tersebut cukup menakjubkan, karena nafsu makan ayam yang telah diberi pakan dengan ditambahkan Prolaktin, meningkat. Bobot ayam akan lebih besar setelahnya, sehingga mampu meningkatkan produktivita peternakan ayam pedaging.

Baca Juga:  Gerakan Bogor Berkebun, Inovasi untuk Memudahkan Masyarakat Bertanam di Kota

loading...