Menjadi Seorang Vegetarian Berbahaya, Mitos atau Fakta?


Pertanianku – Menjadi seorang vegetarian yang hanya mengonsumsi buah dan sayuran adalah pilihan setiap orang. Bahkan, kini banyak orang memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian karena alasan kesehatan.

Foto: engeplus

Salah satu alasan menjadikan seseorang mantap menjadi vegetarian cukup unik, yakni ingin menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Jika dilihat dari sisi kesehatan, seorang vegetarian merasakan banyak manfaat. Seperti yang kita tahu, mengonsumsi buah dan sayuran memang sangat menyehatkan, terlebih lagi keduanya mengandung kaya serat, mineral, dan vitamin, dan nutrisi lainnya yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa orang menyakini, dengan bertransformasi menjadi vegetarian yang hanya mengonsumsi buah dan sayuran serta tidak mengonsumsi daging berwarna merah, akan mengundang banyak penyakit kardiovaskuler.

Ternyata, menjadi seorang vegetarian tidak sepenuhnya baik untuk tubuh. Berikut beberapa dampak negatif menjadi seorang vegetarian.

Kekurangan protein

Sama sekali tidak mengonsumsi daging dan telur bisa mengakibatkan seseorang kekurangan protein. Jadi jika memang berencana menjadi vegetarian, tetaplah memasukkan protein nabati dalam menu Anda. Itu bisa berupa tahu, tempe, buncis, dan kacang-kacangan.

Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi yang tidak akan didapat dari sayuran ataupun buah-buahan. Dan jangan pernah mengabaikan vitamin ini, karena vitamin B12 sangat penting dalam sistem syaraf dan sintesis DNA.

Kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan anemia. Jadi, jika Anda bersikeras tidak mengonsumsi daging, sesekali belilah produk vegan yang sudah diperkaya dengan vitamin B12.

Mengganggu kesehatan ibu hamil

Seorang vegetarian yang sedang mengandung dikhawatirkan akan kekurangan berbagai vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janinnya seperti vitamin D, zat besi, kalsium, riboflavin, dan mineral lainnya. Itu sebabnya mereka disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral hingga selesai menyusui.

Baca Juga:  Makanan Berlemak Justru Perpanjang Umur, Kok Bisa?

Selain tiga hal di atas, menjadi vegetarian juga akan menyulitkan Anda untuk makan di luar. Belum banyak rumah makan yang mengkhususkan diri untuk kaum vegetarian.

Seorang vegetarian bisa saja meminta restoran itu menyiapkan hidangan khusus untuk mereka.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi vegan, pastikan bahwa kebutuhan semua vitamin dan mineral itu tetap terpenuhi. Jangan lupa, Anda juga harus mulai mencari tempat makan yang menyediakan menu khusus untuk vegetarian ya!

loading...
loading...