Menjaga Kesehatan dengan Mengonsumsi Cengkih


Pertanianku – Cengkih merupakan salah satu rempah-rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Tidak seperti Indonesia yang jarang menggunakan cengkih sebagai bumbu dapur, imej cengkih kental dengan masakan khas Timur Tengah. Namun, tahukah Anda jika cengkih memiliki manfaat menakjubkan untuk kesehatan?

Penggunaannya telah diapresiasi dalam sistem pengobatan alternatif sejak zaman kuno. Sebab, cengkih memiliki sifat antimikroba, anti-oksidan, anestesi, analgesi, dan anti-inflamasi. Eugenol menjadi bagian dari 75—90% minyak esensialnya. Inilah alasan di balik aroma hangat ketika Anda menggunakan minyak cengkih.

Namun, kita perlu berhati-hati dengan asupan cengkih yang berlebihan. Minyak cengkih digunakan secara oral tidak aman untuk anak-anak. Minyak cengkih juga tidak diajurkan untuk orang dengan gangguan perdarahan, atau mereka yang harus menjalani operasi, karena memperlambat pembekuan darah.

Cengkih dalam hidangan makanan paling aman dan sangat dianjurkan. Berikut beberapa manfaat cengkih untuk kesehatan sebagaimana mengutip Boldsky:

Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian telah membuktikan efek penurunan glukosa dari cengkih bila dikonsumsi jangka panjang. Hal ini diharapkan bisa bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Menjaga kesehatan pencernaan

Cengkih membantu pencernaan yang lebih baik karena mendorong sekresi enzim pencernaan. Dengan demikian, ini akan membantu menghilangkan gas dan perut kembung. Hal ini juga akan meningkatkan mobilitas usus dan mencegah sembelit.

Mengatasi mual dan muntah

Campuran cengkih dan madu atau menyeduh secangkir teh cengkih, sudah disarankan sejak zaman kuno untuk mengobati mual. Beberapa orang juga percaya bahwa sifat anti-anestesi cengkih bisa mencegah mual.

Mengatasi flu

Dengan sifat antiviral dan antibakterinya, cengkih dapat membantu dalam melawan flu biasa. Berkumur dengan air cengkih bisa membantu meredakan sakit tenggorokan juga.

Baca Juga:  Kafein Juga Bisa Bikin Overdosis

Mengatasi bau mulut

Terlepas dari aromanya, cengkih memiliki sifat antibakteri yang membantu mengurangi pertumbuhan mikroba di mulut. Kunyahlah beberapa cengkih setelah makan untuk mengatasi masalah bau mulut.

Nah, itu tadi manfaat yang akan Anda dapatkan dari cengkih.

loading...
loading...