Menjaga Kesehatan Kambing dan Domba


Pertanianku – Tindakan pertama yang dianjurkan pada usaha pemeliharaan Kado(Kambing domba) adalah melakukan pencegahan penyakit. Beberapa langkah pencegahan timbulnya penyakit sebagai berikut.

Caprini, Rumpun Kambing Asli

1) Lahan yang akan digunakan untuk memelihara Kado harus bebas dari penyakit menular.

2) Kandang Kado harus kuat, aman, dan bebas penyakit. Apabila digunakan kandang bekas Kado yang pernah terserang penyakit, kandang tersebut perlu disucihamakan dengan desinfektan, kemudian dibiarkan beberapa saat. Apabila kandang tersebut bekas Kado yang sehat, kandang tersebut cukup dicuci dengan air.

3) Kado yang baru datang dari daerah lain perlu dimasukkan di kandang karantina dan diperlakukan khusus. Ternak yang diduga bulunya membawa penyakit, sebaiknya dimandikan dan digosok dengan larutan sabun karbol, Neguvon, Bacticol Pour, Triatex, atau Granade 5% EC dengan konsentrasi 4,5 g/3 l air. Untuk membasmi kutu, Kado dapat juga dimandikan dengan larutan Asuntol berkonsentrasi 3—6 g/3 l air.

4) Kandang dan lingkungan tidak boleh lembap serta harus bebas dari genangan air. Kelembapan yang tinggi dan adanya genangan air akan mengakibatkan perkembangan nyamuk atau hewan sejenisnya yang menggigit dan mengisap darah.

5) Dilakukan vaksinasi secara teratur. Vaksinasi bertujuan untuk mencegah dan memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu, khususnya yang diakibatkan oleh virus.

 

 

Sumber: Buku Teknik Pembibitan Kambing dan Domba

 

Baca Juga:  Yuk, Ketahui 5 Tanda Utama Itik akan Bertelur