Menjaga Kontinuitas Pembuahan Pohon Buah

Pertanianku — Tanaman buah yang tumbuh dalam pot, pekarangan, dan kebun memerlukan perawatan intensif agar kontinuitas pembuahan pohon tidak terganggu. Selain itu, perawatan pohon juga dapat membantu pohon cepat berbuah. Banyak pohon yang mampu menghasilkan buah berkualitas pada awal pembuahan. Namun, untuk periode selanjutnya, pohon tidak mampu berbuah.

kontinuitas pembuahan pohon
foto: pertanianku

Pola pemeliharaan tradisional yang masih kerap digunakan oleh masyarakat terkadang membuat pohon buah tidak mampu menjaga kontinuitas pembuahan sehingga pada periode selanjutnya pohon tidak berbuah. Hal ini kerap dialami oleh pohon durian, mangga, dan pohon buah musiman lainnya.

Salah satu penyebab gagalnya berbuah pada periode berikutnya adalah krisis energi. Krisis energi terjadi akibat cadangan makanan yang dihimpun di dalam jaringan sudah habis untuk menghasilkan pembuahan yang lebat pada periode pertama. Sementara, unsur hara dalam tanah pun sudah habis, padahal pohon masih membutuhkannya untuk menghasilkan energi yang berfungsi untuk pembuahan.

Loading...

Krisis energi tersebutlah yang membuat pembuahan pada periode berikutnya tidak berjalan mulus. Untuk mengembalikan produktivitas pohon, Anda harus memulihkan keadaan pohon tersebut hingga sehat sembari memperkaya unsur hara dalam tanah agar cukup untuk pohon melakukan pembuahan.

Perawatan pohon buah untuk menjaga kontinuitas pembuahan dapat dilakukan melalui beberapa cara berikut ini.

Perlindungan tanaman dari serangan hama dan penyakit

Hama dan penyakit juga bisa menurunkan produktivitas pohon menjadi tidak optimal. Menjaga kesehatan pohon dengan menjaga kebersihan tanaman dan lingkungan sangat penting untuk dilakukan.

Pemangkasan pemeliharaan

Semua tanaman memerlukan pemangkasan pemeliharaan untuk menjaga kontinuitas pembuahan. Pemangkasan yang bisanya dilakukan adalah pemangkasan ringan dengan memotong dahan, cabang, ranting yang sudah tua, rusak, dan tidak bermanfaat.

Pemupukan untuk merangsang pertumbuhan

Baca Juga:  7 Buah yang Kaya Vitamin C

Anda bisa menggunakan pupuk NPK dengan kadar N tinggi untuk merangsang pertumbuhan vegetatif pascapanen tanaman. Bagian cabang yang habis dipotong saat panen akan mulai ditumbuhi tunas.

Penjarangan untuk mengatur produktivitas buah

Tanaman yang tumbuh lebat memang indah untuk dipandang. Namun, lebatnya buah yang tumbuh dapat menguras seluruh cadangan makanan yang ada di dalam pohon. Hal tersebut akan mengakibatkan pohon sulit berbuah pada periode berikutnya. Bahkan, dapat menyebabkan pohon mati akibat kehabisan nutrisi.

Penjarangan berfungsi menjaga tanaman agar bisa berbuah teratur sehingga tanaman bisa berbuah sepanjang tahun.

 

Loading...
Loading...