Menjemput Manfaat Daun Rosemary untuk Hidup Lebih Sehat


Pertanianku — Daun rosemary kerap dijadikan bumbu masakan khususnya untuk hidangan mediterania. Daun ini terkenal dengan baunya yang khas sehingga biasanya dijadikan dalam campuran ketika kita membuat sup atau hidangan lainnya. Selain itu, ternyata manfaat daun rosemary ternyata sangat baik untuk kesehatan.

manfaat daun rosemary
Foto: Pixabay

Sejak zaman dahulu, rosemary dimanfaatkan sebagai obat herbal. Zat-zat yang terkandung dalam daun tersebut memiliki manfaat positif bagi tubuh. Berikut ini manfaat daun rosemary bagi kesehatan.

  1. Baik sebagai antibakteri

Rosemary dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang berperan untuk melawan bakteri yang menyebabkan sakit perut. Selain itu, juga memiliki kandungan sifat antibakteri yang melindungi Anda dari infeksi staph.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pencernaan yang buruk akibat makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan diare, sembelit, gangguan pencernaan, kram perut, perut kembung, dan masalah lambung lainnya. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menggunakan rosemary sebagai solusinya.

  1. Meningkatkan kesuburan rambut

Rosemary juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan rambut, serta membuatnya tetap panjang dan indah. Campurkan 1 sendok makan minyak rosemary, 2 sendok minyak almond. Selanjutnya, pijat kulit kepala Anda selama 20 menit setiap hari selama 6—7 bulan.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Minyak rosemary dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Gunakan ujung jari Anda yang telah dioleskan minyak esensial dan lakukan pijatan pada kulit kepala dengan gerakan melingkar untuk merasakan hasilnya.

  1. Membantu fungsi dan kerja ginjal

Rosemary diketahui sebagai bahan alami yang mengandung diuretik karena membantu mengurangi kembung dan retensi air dalam tubuh Anda. Rosemary biasa digunakan dan ditambahkan dalam membuat ramuan dalam diet karena akan meningkatkan produksi dan aliran urine. Ini tentunya secara langsung juga akan membantu fungsi ginjal untuk membuang kelebihan air pada tubuh Anda sehingga membuat jumlah air pada ginjal berada pada sisi normal.

  1. Dapat mencegah kanker
Baca Juga:  6 Hal Ini Akan Terjadi Kalau Anda Konsumsi Lada Hitam Setiap Hari

Asam carnosol, asam ursolat carnosic dan asam rosmarinic yang ditemukan pada rosemary dapat mencegah atau menekan perkembangan tumor dan kanker di tubuh. Selain itu, juga mengurangi risiko kanker usus besar, payudara, perut, hati, sel melanoma, dan sel-sel leukemia.

  1. Memperlambat proses penuaan

Karena memiliki sifat anti-inflamasi dan kandungan anti-oksidan, rosemary menjadi bahan yang banyak digunakan untuk krim antipenuaan dan losion. Tidak hanya merangsang regenerasi kulit, tetapi juga membuat dan meningkatkan kecerahan warna kulit secara keseluruhan. Selain itu, juga membuat kulit lebih bercahaya dengan cara mengoptimalkan sirkulasi darah.

loading...