Menjodohkan Sugar Glider untuk Dikawinkan

Pertanianku — Salah satu kebanggaan dari pemilik hewan peliharaan adalah mampu menghasilkan keturunan dari hewan peliharaannya. Sugar glider merupakan salah satu hewan peliharaan yang digandrungi karena keunikannya. Saat ingin menjodohkan sugar glider, Anda membutuhkan pejantan dan betina yang sudah matang kelamin.

menjodokan sugar glider
foto: pixabay

Kematangan seksual betina bisa terjadi saat hewan sudah berumur 16 minggu setelah OOP atau out of pouch. Sementara itu, pejantan sudah bisa mengalami kematangan seksual pada umur 12 minggu setelah OOP.

Sugar glider jantan lebih mudah dikenali melalui sepasang testikel yang berada di bagian bawah perutnya.

Loading...

Banyak pencinta sugar glider yang tidak merekomendasikan untuk mengawinkan betina saat belum berumur satu tahun. Hal ini karena organ tubuh betina belum siap untuk melewati fase kebuntingan dan merawat anak. Meskipun, jika dilihat dari kematangan seksual, betina sudah bisa dikawinkan saat berumur 12 minggu.

Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan saat ingin menjodohkan sugar glider untuk dikembangbiakkan. Anda harus menghadapi risiko yang bisa saja menimpa hewan kesayangan. Oleh karena itu, tidak semua pemilik sugar glider bisa menjadi breeder. Pengembangbiakan hewan mungil yang lucu ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah mahir.

Risiko yang kemungkinan bisa terjadi adalah adanya luka gigitan atau cakaran pada tubuhnya karena proses perkawinan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh pejantan yang menggigit leher betina secara berlebihan sehingga menyebabkan luka terbuka lebar. Jika hal ini terjadi, segera bersihkan luka tersebut dan bawa ke dokter hewan untuk mencegah infeksi semakin parah.

Induk sugar glider juga bisa menjadi kanibal terhadap anak yang dilahirkan. Misalnya, saat induk merasa tidak aman (terancam), anak yang terlahir cacat, dan induk kekurangan asupan protein dari pakan.

Baca Juga:  Penyakit Leishmaniasis, Penyakit Zoonosis yang Ditularkan Lalat Pasir ke Manusia

Betina sugar glider bisa melahirkan hingga tiga kali dalam setahun. Sekali kelahiran bisa menghasilkan 1—3 ekor joey. Setelah berumur 16 hari, joey yang masih buta dan lemah akan mencari kantong induk untuk menemukan puting susu induknya. Joey akan terus menempel hingga 10 minggu. Selama proses ini, pemilik dilarang melepaskan joey dari kantong induknya karena bisa menyebabkan joey mati kelaparan.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...